Jum'at, 21/09/2018 19:31 WIB

India Siap Pasang Badan untuk Iran

Di tengah pertumbuhan ekonomi, isu-isu seperti perang perdagangan AS-China, kebijakan moneter ketat AS, kenaikan harga minyak dan sanksi perdagangan Iran sangat mengkhawatirkan.

Kilang minyak (Rupak De Chowdhuri/Reuters)

New Delhi - Penasihat senior Kementerian Ekonomi India, Sanji Sanial, mengatakan, New Delhi siap menangani hasil apapun dari sanksi Amerika Serikat (AS) terhadap Iran.

Sanial mengatakan, di tengah pertumbuhan ekonomi, isu-isu seperti perang perdagangan AS-China, kebijakan moneter ketat AS, kenaikan harga minyak dan sanksi perdagangan Iran sangat mengkhawatirkan.

"Kami telah meninjau pilihan kami, beberapa skenario telah diusulkan, dan dalam setiap kasus beberapa reaksi diramalkan. Dalam banyak kasus, kita harus menunggu hingga peristiwa terjadi, tetapi yang paling utama adalah reaksi cepat," jelasnya.

Mei lalu, Gedung Putih keluar dari kesepatakan nuklir Iran 2015, sekaligus memulihkan kembali sanksi di Negeri Para Mullah tersebut. Sanksi jilid pertama mulai berlaku pada Agustus, kemudian sanksi jilid kedua yang menargetkan sektor energi Iran akan beroperasi pada November tahun ini.

Sanksi Iran bukan satu-satunya faktor eksternal yang mengkhawatirkan bagi ekonomi India. Menteri ekonomi India Aaron Jitli mengatakan tantangan yang dihadapi perekonomian India sebagian besar disebabkan oleh faktor asing seperti kenaikan harga minyak dan perdagangan China-AS.

"Ini adalah kekhawatiran yang akan mempengaruhi kita," kata Sanial.

"Pilihan terbaik untuk India adalah memantau secara ketat peristiwa-peristiwa ini dan menanggapi mereka berdasarkan kepentingan nasional mereka," ujarnya

India belum memutuskan penurunan pembelian minyak Iran. Negeri Bollywood itu masih mencari cara agar menerima perlindungan sanksi Paman Sam.

India mengimpor 22,6 juta ton minyak mentah dari Iran selama 12 bulan sejak Maret tahun lalu. Secara keseluruhan, India mengimpor sebesar 27,2 juta ton minyak mentah.

Selama tahun fiskal 2016-2017, pembelian minyak Iran oleh India meningkat sebesar 11 juta ton. Pengilangan India dengan cepat meningkatkan impor minyak setelah penghapusan sanksi 2015 Iran.

TAGS : India Iran Amerika Serikat




TERPOPULER :