Selasa, 25/09/2018 15:45 WIB

HUT DPR ke-73, Bamsoet: DPR Mulai Membaik

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) DPR ke-73, Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyampaikan apresiasi atas kinerja parlemen yang semakin membaik.

Ketua DPR, Bambang Soesatyo

Jakarta - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) DPR ke-73, Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyampaikan apresiasi atas kinerja parlemen yang semakin membaik.

Bamsoet dalam pidatonya berjudul "Kita Mulai Membaik" menyampaikan sejumlah prestasi yang sudah dicapai DPR pada masa kepemimpinannya. Menurutnya, DPR lebih produktif dalam memperjuangkan aspirasi dan kepentingan rakyat.

Menurutnya, untuk melaksanakan amanah rakyat di bidang legislasi, selama Tahun Sidang 2017-2018, DPR telah berhasil menyelesaikan 17 undang-undang.

"Sehingga semua undang-undang yang disetujui selama Periode 2014-2019 adalah sebanyak 62 undang-undang," kata Bamsoet, saat membacakan pidato HUT DPR ke-73 dalam rapat Paripurna, di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (29/8).

Untuk menuntaskan capaian itu, kata Bamsoet, pimpinan DPR tidak henti-hentinya mengajak semua fraksi, komisi, badan dan seluruh anggota DPR untuk bekerja keras menuntaskan RUU yang sudah disepakati dalam Prolegnas

"Pimpinan DPR bersama pimpinan Fraksi-fraksi terus berikhtiar untuk mencari jalan terhadap pembahasan RUU yang macet dan berlarut-larut, ada yang dua tahun, satu tahun dan berkali-kali masa sidang," jelasnya.

"Alhamdulillah, hasilnya cukup menggembirakan. Pada masa sidang yang lalu, kita berhasil menetapkan RUU Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme, yang sudah dibahas selama 2 tahun, menjadi Undang-undang. Kita juga bertekad untuk segera menyelesaikan pembahasan RUU KUHP, sebagai hadiah terbesar DPR periode ini untuk bangsa dan negara," terang Bamsoet.

Membaiknya kinerja DPR, kata Bamsoet, juga dibuktikan dengan hasil survei yang dirilis Charta Politika, Selasa (28/8/2018). Dimana, sebanyak 34,75 persen responden menilai DPR RI berfungsi sebagai lembaga perwakilan yang paling baik, sementara MPR RI memperoleh skor 12,75 persen dan DPD RI 11,25 persen.

"Sedangkan diantara lembaga tinggi negara lainnya, sebanyak 49,3 persen responden menyatakan kepercayaannya terhadap DPR RI," jelas politikus Partai Golkar itu.

Menurutnya, survey Charta Politika juga memperlihatkan bahwa kinerja DPR RI di mata rakyat mengalami peningkatan, sebanyak 36,3 persen responden memberikan penilaian positif.

Disisi lain, sebanyak 44,8 persen responden menyatakan DPR RI sudah optimal menjalankan tugas dan fungsinya di bidang pengawasan, 20,4 persen di bidang legislasi dan 17,35 persen di bidang anggaran

Tak hanya itu, dari hasil pengawasan DPR, 32.3% dari responden menilai bahwa DPR telah bekerja dengan baik dalam memantau kebijakan-kebijakan Presiden Joko wi dan Wapres Jusuf Kalla.

"Dari hasil survei tersebut dapat ditarik benang merah, kalau sikap DPR sudah lebih terbuka, sehingga masyarakat bisa memberikan penilaian seperti itu. Mari kita jadikan hasil survei yang ada sebagai cambuk untuk bersama-sama meningkatkan kinerja dan citra DPR yang lebih baik lagi," tegasnya.

TAGS : HUT DPR Bambang Soesatyo




TERPOPULER :