Minggu, 18/11/2018 12:52 WIB

Tak Becus, Paus Fransiskus Diminta Mengundurkan Diri

Paus Fransiskus sudah mengetahui Juni 2013, bahwa McCarrick, mantan uskup agung Washington, DC menghadapi beberapa tuduhan pelecehan seksual terhadap para seminaris dan pendeta.

Paus Fransiskus (foto: Google)

Jakarta - Uskup Agung Carlo Maria Vigano meminta Paus Fransiskus mengundurkan diri karena menutupi kasus pelecehan seksual mantan Kardinal Theodore McCarrick.

Vigano mengungkapkan, Paus Fransiskus sudah mengetahui kasus McCarrick sejak lima tahun silam, namun baru menerima pengunduran diri McCarrick pada bulan lalu.

Ia sudah memberitahu secara pribadi kepada Paus Fransiskus Juni 2013, bahwa McCarrick, mantan uskup agung Washington, DC menghadapi beberapa tuduhan pelecehan seksual terhadap para seminaris dan pendeta.

Kala itu, kisah Vigano, Fransiskus baru menjabat.

"Ia sudah tahu sejak Juni 2013 bahwa McCarrick tersandung kasus pelecehan seksual," jelas  Vigano yang saat itu menjabat sebagai Duta Besar Vatikan untuk Amerika Serikat (AS), dilansir, Reuters, Minggu (26/8).

"Dalam momen yang sangat dramatis ini untuk gereja universal, ia harus mengakui kesalahannya dan, sesuai dengan prinsip toleransi nol yang dicanangkan," terangnya.

Paus Fransiskus harus menjadi orang pertama yang memberikan contoh yang baik bagi para kardinal dan uskup yang menutupi pelanggaran McCarrick dan mengundurkan diri. bersama dengan mereka semua," tambahnya.

Sejak berita ini diturunkan, Vatikan belum ingin berkomentar terkait tuntutan Vigano.

TAGS : Carlo Maria Vigano Paus Fransiskus seksual




TERPOPULER :