Senin, 19/11/2018 09:39 WIB

Gempa 6,0 SR di Iran, Dua Orang Tewas Ratusan Luka-Luka

Bencana tersebut menurut Gubernur Kermanshah Houshang Bazvand, menewaskan dua orang dan melukai 255 orang.
 

Ilustrasi gempa patahan

Teheran - Gempa Bumi berkekuatan 6,0 skala ritcher (SR) menghantam Iran barat dekat perbatasan dengan Irak pada Minggu (26/8) pagi. Bencana tersebut menurut Gubernur Kermanshah Houshang Bazvand, menewaskan dua orang dan melukai 255 orang.

Dilansir dari AFP, gempa dangkal bersumber 26 kilometer (16 mil) dari barat daya Kota Javanrud, Provinsi Kermanshah. Survei Geologi AS menyebut sumber gempa kali ini dekat dengan lokasi gempa kuat tahun lalu yang menewaskan ratusan orang.

Sementara Kepala Departemen Gawat Darurat di Kermanshah University of Medical Sciences, Saeb Sharidari menuturkan, kedua korban tewas adalah seorang wanita hamil dan seorang pria berusia 70 tahun yang menderita serangan jantung.

Hingga berita ini diturunkan aliran listrik telah diputus di 70 desa, dan akan dipulihkan setidaknya 50 desa pada saat fajar nanti.

“Ada lebih dari 65 gempa susulan. 500 bangunan hancur dan perlu dibangun kembali,” terang Bazvand.

Kabarnya ada potensi masalah dengan air minum karena infrastruktur di desa rusak berat. Kendati demikian, Kepala Bulan Sabit Merah setempat, Mohammad Reza Amirian, mengatakan belum perlu mendistribusikan makanan dan tenda.

Kermanshah masih belum pulih dari gempa berkekuatan 7,3 skala Richter yang melanda November lalu, menewaskan 620 orang di provinsi itu dan delapan orang lainnya di Irak.

Gempa tersebut menyebabkan lebih dari 12.000 orang terluka dan merusak sekitar 30.000 rumah, menyebabkan banyak tunawisma di awal musim dingin di wilayah pegunungan.

Pejabat lokal mengatakan perkiraan biaya rekonstruksi akan diukur dalam miliaran dolar, pada saat yang sama Iran sedang berjuang dengan kemerosotan ekonomi yang mendalam.

Gempa paling mematikan di Iran dalam beberapa tahun terakhir adalah gempa berkekuatan 6,6 skala Richter yang menghantam tenggara pada 2003, menghancurkan kota bata lumpur, Bam, dan menewaskan sedikitnya 31.000 orang.

Pada tahun 1990, gempa berkekuatan 7,4 SR di Iran utara menewaskan 40.000 orang, melukai 300.000 dan menyebabkan setengah juta tunawisma, mengurangi lusinan kota dan hampir 2.000 desa menjadi puing-puing.

TAGS : Gempa Bumi Iran




TERPOPULER :