Minggu, 18/11/2018 16:57 WIB

Kapolri Lantik Enam Kapolda dan Kadiv Propam

Kadiv Propam Polri saat ini diisi oleh Brigjen Listyo Sigit Prabowo yang sebelumnya Kapolda Banten.

Kapolri Tito Karnavian melantik sejumlah Kapolda dan Kadiv Polri (Foto: Jurnas.com/Rangga Tranggana)

Jakarta -  Kapolri Jenderal Tito Karnavian melantik enam Kapolda dan Kadiv Propam. Serah terima jabatan (Sertijab) sejumlah Perwira Tinggi (Pati) dilakukan di Gedung Rupatama, Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (20/8/2018).

Rotasi itu sendiri tertuang dalam Surat telegram ST/2015/VIII/Kep/2018 dan ST/2014/VII/Kep/2018 tanggal 13 Agustus 2018 yang ditandatangi oleh oleh Karobinkar Brigjen Eko Indra Heri. Adapun posisi yang dirotasi antara lain,
Kapolda Kepulauan Riau (Kepri) Irjen Didid Widjanardi dimutasi Widya Iswara Utama yang sebelumnya menjabat Sespim Lemdiklat Polri.

Kemudian, Kapolda Riau dijabat Brigjen Eko Prihastoko. Kapolda Sumatera Utara  dijabat Brigjen Agus Andrianto. Kapolda Papua saat ini diisi Irjen Martuani Sormin.

Selanjutnya, Kapolda Lampung, Irjen Suntana dirotasi menjabat sebagai Wakabaintelkam Polri. Sedangkan, Kapolda Lampung diisi oleh Brigjen Purwadi Arianto yang sebelumnya Wakapolda Metro Jaya.

Sedangkan posisi Kadiv Propam Polri saat ini diisi oleh Brigjen Listyo Sigit Prabowo yang sebelumnya Kapolda Banten. Sementara itu, jabatan Kapolda Banten saat ini diisi oleh Brigjen Teddy Minahasa Putra yang sebelumnya Karopaminal Divisi Propam.
‎‎
Jendral Tito Karnavian memimpin langsung proses serah terima jabatan tersebut. "Bahwa sumpah yang akan diucapkan saudara, disaksikan oleh yang hadir di ruangan ini dan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Sehingga apabila saudara melanggar sumpah ini, akan menjadi konsekuensi pribadi saudara, baik di dunia maupun di akhirat," ucap Tito saat memimpin upacara pelantikan.

Sementara itu, Sertijab untuk posisi Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas), tiga Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) dan Asisten SDM Polri ditunda.‎ ‎Adapun posisi yang sertijabnya ditunda yakni, Kapolda Kalsel irjen Rachmat Mulyanan menjabat sebagai Sahlisosek Kapolri. Jabatan Kapolda Kalsel dijabat Irjen Yazid Fanani yang sebelumnya Pati Baintelkam Polri. Sedangkan, As SDM Polri kini dijabat Brigjen Eko Indra Heri.

Kapolda Maluku saat ini dijabat oleh Irjen Royke Lumowa yang sebelummya menjabat Kakorlantas Polri. Kapolda Jatim Mahfud Arifin dimutasi sebagai Analisis Kebijakan Utama Bidang Sabhara Baharkam Polri, jabatannya diganti Irjen Luki Hermawan yang sebelumnya Wakabaintelkam Polri.

Penundaan itu karena ada beberapa Perwira Tinggi (Pati) yang bersangkutan sedang menjalani ibadah Haji. Sebagai gantinya, pelantikan tersebut akan dilakukan pada September 2018 mendatang.

"Awal September kami akan melaksanakan serah terima Kapolda Jawa Timur Maluku. sementara ini Kapolda Jawa timur, Kapolda Maluku dan asisten SDM sedang melaksanakan Haji," tutur Tito.

‎Untuk penundaan posisi Kakorlantas, kata Tito, dikarenakan masih berlangsungnya event Asian Games 2018. ‎"Dan ada beberapa tugas Kapolda Maluku karena kakorlantasnya sedang melaksanakan Asian Games pengamanan. Saya memerlukan mereka di sini dulu," tands Tito.

TAGS : Kapolri Tito Karnavian Mutasi Kapolda




TERPOPULER :