Rabu, 26/09/2018 11:39 WIB

PB Percasi Apresiasi Turnemen Catur Piala Hariman Siregar

Ratusan pemain catur dari kalangan aktivis, mahasiswa dan wartawan bertanding dalam kejuaraan catur non master memperebutkan piala Hariman Siregar di Hotel Sentral, Jl Pramuka Jakarta Pusat, Minggu (19/8) malam.

Turnemen catur piala Hariman Siregar

Jakarta - Ratusan pemain catur dari kalangan aktivis, mahasiswa dan wartawan bertanding dalam kejuaraan catur non master memperebutkan piala Hariman Siregar di Hotel Sentral, Jl Pramuka Jakarta Pusat, Minggu (19/8) malam.

Turnamen itu bertujuan untuk mempererat tali sailaturahmi sesama aktivis, badan eksekutif mahasiswa dan wartawan. Kejuaraan yang digelar mulai pagi hingga malam itu, diikuti sekitar 200 peserta itu masih dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke- 73.

Tak tanggung-tanggung, total hadiah turnamen catur non-master itu mencapai Rp 52,25 juta. Tak hanya juara pertama, kedua dan ketiga yang dapat hadiah, bahkan juara 50 pun masih dapat hadiah.

Turnemen catur piala Hariman Siregar itu baru digelar yang pertama. Panitia menjanjikan turnamen ini akan dilangsungkan di tahun mendatang yakni apada 12 Janiri 2019 sekaligus memperingati 45 tahun peristiwa Malari.

Ketua Umum PB Percasi Grand Master (GM) Utut Adianto yang membuka turnemen pada Minggu (19/8) pagi turut menyemangati para pecatur yang bertanding. Utut mengaku iri dengan pecatur saat ini yang banyak mengikuti kejuaraan dan menghasilkan hadiah besar bagi juaranya.

“Kita apresiasi kejuaraan catur yang kini cukup banyak. Ini akan membumikan olah raga catur kita,” kata wakil ketua DPR RI itu.

Sementara Hariman Siregar mengatakan, sudah saatnya catur menjadi olah raga favorit di Indonesia. Sebab, Utut Adianto yang merupakan grand master catur dunia telah menjadi salah satu pimpinan DPR.

"Kita bangga GM catur kita Utut Adianto telah menjadi pimpinan DPR. Tentu ini akan menjadi motivasi bagi pecatur untuk berlatih keras lagi. Tentu turnamen seperti ini harus sering dilakukan,” ujar Hariman.

Turnemen catur non master itu diinisiasi oleh Pembina Percasi Maruarar Sirait. Putra sulung politisi senior Sabam Sirait itu tampak hadir saat penutupan turnamen pada Minggu malam. Selain tampak juga hadir para aktivisi senior lainnya seperti Bursah Zanubi.

“Kita akan gelar lagi turnamen serupa pada Januari mendatang. Hadiah dan pesertanya akan kita tingkatkan. Nanti nama turnamennya adalah Piala Hariman Siregar dan Bursah Zanubi,” ucap Maruarar yang disambut meriah para pecinta catur yang hadir.

Maruarar juga mengapresiasi turnamen catur non master Piala Hariman Siregar tersebut. Ia mengaku terkesan dengan aktivis senior Harimana Siregar yang memiliki kepedualian terhadap pengembangan catur Indonesia.

TAGS : Komisi XI DPR Maruarar Sirait Turnamen Catur




TERPOPULER :