Jum'at, 14/12/2018 13:23 WIB

Warga Saudi yang Dirawat di Kanada Diangkut ke AS

Imbas dari perselisihan tersebut, Arab Saudi menghentikan semua investasi baru, memotong penerbangan dan mengatur agar pasien dan siswa Saudi di negara itu dipindahkan ke negara lain.

Naif bin Bandar Al-Sudairi (Foto: Arab News)

Riyadh - Seluruh pasien Saudi yang menerima perawatan medis di Kanada dipindahkan ke Amerika Serikat untuk melanjutkan perawatan mereka. Demikian kata duta besar Kerajaan negara Arab Saudi,  Naif bin Bandar Al-Sudairi pada Kamis (9/8).

Kepada Al-Arabiya News Channel, Ia mengatakan, Arab Saudi menawarkan semua bantuan yang diperlukan untuk warganya, dan akan mengambil semua tindakan yang diperlukan untuk melindungi kepentingan mereka.

Duta besar yang ditarik dari Ottawa dan rekannya dari Kanada memerintahkan untuk meninggalkan Kerajaan menyusul perselisihan yang meletus awal pekan ini.

Negara yang berujuluk Petro Dollar menuduh Kanada mencampuri urusan dalam negerinya setelah kementerian luar negeri Kanada mendesak Arab Saudi melepaskan sejumlah aktivis.

Imbas dari perselisihan tersebut, Arab Saudi menghentikan semua investasi baru, memotong penerbangan dan mengatur agar pasien dan siswa Saudi di negara itu dipindahkan ke negara lain.

Ketika ditanya soal siswa yang menerima beasiswa di Kanada dan akan menyelesaikan studi dan lulus, khususnya mereka yang terdaftar di sekolah kedokteran, duta besar mengatakan tidak ada pengecualian.

Duta Besar mengatakan Riyadh akan mempertimbangkan. Ia mencatat bahwa kedutaan ingin melakukan semua yang bisa untuk melindungi manfaat dari warganya.

Ia mengatakan bahkan para siswa yang belajar dengan biaya mereka sendiri telah memutuskan untuk pergi "sesuai kehendak mereka sendiri" karena mereka juga tidak menerima sikap Kanada terhadap Kerajaan.

TAGS : Arab Saudi Kanada dokter




TERPOPULER :