Sabtu, 18/08/2018 18:52 WIB

Perkenalkan Abdul El-Sayed Calon Gubernur Muslim Pertama AS

El-Sayed punya kesempatan memenangkan pemilihan utama partai Demokrat di Michigan

Abdul El-Sayed (Foto: Ist)

Washington - Abdul El-Sayed salah satu calon gubernur Muslim pertama dalam sejarah Amerika Serikat (AS). Dokter Muslim dan dan peraih beasiswa Rhodes ini adalah mantan direktur Departemen Kesehatan Detroit.

Ia secara tegas memfokus kampanyenya pada perawatan kesehatan universal untuk semua penduduk, pendidikan perguruan tinggi tanpa biaya, dan upah minimum 15 dolar per jam.

Seperti para pemimpin progresif sebelumnya, El-Sayed juga menolak untuk menerima uang perusahaan dari kelompok-kelompok yang berkepentingan.

Dilansir Anadolu,  Sayed menghadapi persaingan berat di pemilu utama Demokrat karena menurut angka polling terakhir, saat ini dia tertinggal di belakang Gretchen Whitmer.

Tapi kader Demokrat ini menyebut dengan penuh harap, kemenangan Alexandrasia-Cortez yang mengecewakan di New York, serta kemenangan Senator Bernie Sanders atas Hillary Clinton dalam pemilihan presiden Demokrat di Michigan 2016 sebagai bukti bahwa ia memiliki potensi untuk menang.

Menjelang pemungutan suara Selasa waktu setempat, Ocasio-Cortez dan Sanders bergabung mendukung El-Sayed dalam pemilihan gubernur.

"Dua hari sebelum pemilu Demokrat di Michigan 2016, Senator @BernieSanders tertinggal 36 poin dalam polling. Namun ia memenangkan pertarungan itu, dan menunjukkan bahwa rakyat Michigan siap untuk politik yang mewakili kita semua," kata El-Sayed dalam akun Twitternya.

Pemilihan paruh waktu 2018 mencatat sejumlah umat Muslim telah mencalonkan diri sebagai pejabat politik sejak serangan 11 September 2001, menurut Jetpac, sebuah organisasi yang membantu Muslim Amerika mencalonkan diri untuk jabatan politik.

Sejak pemilihan Presiden Donald Trump, ada peningkatan retorika anti-Muslim di ranah politik. Pada 2017, terjadi peningkatan 15 persen dalam kejahatan terkait Islamofobia di AS, berdasarkan penelitian dari Dewan Hubungan Amerika-Islam.

Namun, ada sebanyak 90 kandidat Muslim yang mencalonkan diri untuk jabatan politik pada 2018, menurut Jetpac. Jumlah itu menurun menjadi 41 karena kandidat telah dieliminasi atau mengundurkan diri.

Jetpac menekankan, bagaimanapun, peningkatan ini tetap signifikan dibandingkan dengan pemilihan sebelumnya. "Kami mendapat kesempatan untuk mengubah permainan secara mendasar," kata El-Sayed dalam sebuah pernyataan.

Muslim lain yang mencalonkan diri di antaranya Rashida Tlaib yang berlaga di Michigan, Ilhan Omar di Minnesota, dan Sameena Mustafa di Illinois. Trio perempuan ini mencari kursi di Dewan Perwakilan.

Jika salah satu dari mereka menang, dia akan menjadi wanita Muslim pertama yang terpilih menjadi legislatif.

TAGS : Abdul El-Sayed Amerika Serikat Muslim gubernur




TERPOPULER :