Kamis, 25/04/2024 10:41 WIB

Pandangan Pengacara Senior Melany Dian Soal Banyaknya Artis Caleg

Banyak sisi positif dan negatifnya, saat para artis ibukota mengajukan diri sebagai caleg. Seperti apa efeknya?

Pengacara Senior, Melany Dian Risiyantie disebuah kesempatan. (Foto : Jurnas/Ginting)

Jakarta- Pemilu Legislatif 2019 sebentar lagi digelar. Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menyelesaikan pendaftaran untuk calon anggota legislatif DPR, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota. Dari daftar yang ada, terdapat 54 artis ibukota yang menjadi caleg. Angka ini meningkat dari tahun lalu. 

Pengacara senior wanita dari Bali, Melany Dian Risiyantie menilai, pada pesta demokrasi kali ini banyak artis yang nyaleg adalah hal yang biasa. Namun karena sosok artis lebih dikenal namanya lantas menjadi istimewa.

“Menurut saya artis adalah public figure dan kalau mendaftar dan akhirnya jadi caleg, itu sah-sah saja aja. Nyaleg itu hak semua warga negara Indonesia. Namun ada juga tapinya, harus berkompeten dan tidak cukup hanya bermodalkan ketenaran, nama besar atau muka cantik dan ganteng saja tapi harus punya skill yang cukup untuk mewakili rakyat,” ujar Melany di Jakarta, baru-baru ini.

Wanita yang juga Ketua DPW Asahi Propinsi Bali ini menambahkan, artis juga harus bisa menyampaikan aspirasi rakyat banyak yang sudah memilih mereka.

“Biar ngga malu-maluin nantinya kalau sudah duduk menjadi wakil rakyat,” kata wanita yang pernah meraih gelar Magister Ilmu Hukum, Konsentrasi Hukum Pidana ini.

Wanita asal Surabaya ini menambahkan, bahwa di mata hukum, seseorang mempunyai hak yang sama. Tidak ada perbedaan jabatan, status sosial maupun profesi.

“Apabila seseorang dirasa berkompeten menyandang status sebagai caleg, baik itu seorang artis atau bukan adalah sah-sah saja,” tambah pengacara yang mengidolakan sosok Srikandi Indonesia ini.

Ibu dari ketiga anak Dexa Malory, Patricia dan Gordon ini juga menilai bila artis nyaleg ada segi positif dan negatifnya bagi masyarakat.

“Karena artis adalah seorang public figur, apabila mereka melakukan hal yang positif maupun negarif akan cepat menjadi inspirasi bagi masyarakat. Jadi menurut saya, bagi artis yang nyaleg harus lebih siap lahir batin dibanding para caleg yg lain,” ucap wanita kelahiran 5 Mei 1971 ini.

Sebagai lawyer yang juga akan menggunakan hak suaranya dalam Pilpres nanti berharap para wakil rakyat yang duduk di kursi DPR RI atau DPRD dapat lebih memperhatikan masyarakat secara keseluruhan.

“Saya percaya nanti entah itu artis2 atau tokoh2 yg terpilih dalam kontestasi politik mereka semua pasti akan berpihak ke rakyat banyak. Karena mereka sudah dipercaya oleh para pemilihnya,” tambah penggemar olah raga sailing, salsa, tennis dan menyanyi.

Meski begitu, Finalis Cak dan Ning Surabaya ini juga pernah menjadi model iklan dan bermain dalam film Warkop DKI ini sangat mendukung sederet artis yang tahun ini ramai terjun ke dunia politik.

KEYWORD :

Kabar Artis Artis Caleg Melany Dian




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :