Selasa, 13/11/2018 01:53 WIB

Mesir Izinkan 250 Ton Gas ke Jalur Gaza

Pejabat itu mengatakan, langkah itu dilakukan sebagai percobaan sebelum mengizinkan gas domestik masuk ke jalur itu setiap hari.

Demonstrasi perempuan pertama yang berlangsung di jalur Gaza sejak 30 Maret (Foto: Adel Hana/The Associated Press)

Mesir - Pemerintah Mesir mengizinkan Sekitar 250 ton gas domestik ke Jalur Gaza. Ini merupakan kali pertamanya sejak negara itu diblokade.

"Sekitar 250 ton gas domestik telah diizinkan masuk ke Gaza," kata kepala Otoritas Umum Petroleum, Khalil Shakfa ke Andolu, Minggu (5/8).

Pejabat itu mengatakan, langkah itu dilakukan sebagai percobaan sebelum mengizinkan gas domestik masuk ke jalur itu setiap hari.

Khalil mengatakan pengiriman gas diizinkan masuk ke perbatasan Rafah antara Gaza dan Semenanjung Sinai di Mesir.

Israel menutup penyeberangan Kerem Shalom, satu-satunya jalur akses komersial Gaza, sebagai langkah hukuman atas peluncuran balon pembakar oleh aktivis Palestina ke Israel.

Sejak 2007, Jalur Gaza menderita di bawah blokade Israel yang melumpuhkan berbagai sendi kehidupan Gaza yang dihuni 2 juta orang di pesisir Laut Mediterania itu.

Sejak itu Israel membatasi pasokan berbagai kebutuhan dasar rakyat Gaza seperti bahan makanan, bahan bakar, obat-obatan, juga bahan bangunan.(aa)

TAGS : gas Mesir Jalur Gaza Israel




TERPOPULER :