Kamis, 13/12/2018 23:44 WIB

Perusahaann Jepang Janji Impor Minyak Iran

Takashi Tsukioka mengatakan, bahwa Jepang miskin sumber daya alam dan sangat membutuhkan minyak mentah Iran, sebagai salah satu pemasoknya.

Bor minyak (Foto: Shutterstock)

Beijing - Presiden Asosiasi Minyak Bumi Jepang, Takashi Tsukioka menyatakan bersedia mengimpor minyak dari Iran. Namun, ia meminta pemerintah Jepang untuk mengadakan perundingan dengan pemerintah Amerika Serikat (AS) agar dikecualikan dari sanksi Iran.

Kepada wartawan, Takashi Tsukioka mengatakan, bahwa Jepang miskin sumber daya alam dan sangat membutuhkan minyak mentah Iran, sebagai salah satu pemasoknya.

Karean itu, ia mengatakan ini tidak logis jika Jepang akan terpengaruh oleh sanksi AS, dan meminta pemerintah Jepang untuk meminta AS untuk membebaskan Jepang dari larangan ini.

Menurut IRNA, Tsukioka mengatakan, jika pemerintah Jepang tidak dapat meyakinkan AS hingga akhir September, perusahaan Jepang harus membeli minyak dari negara lain, bukan Iran.

Setelah keluar pakta 2015, pejabat AS mendesak importir minyak mentah Iran segera menghentikan impor minyak dari Iran hingga 4 November 2018, jika tidak, mereka akan masuk dalam daftar sanksi sekunder AS.

Sanksi sekunder AS terhadap importir minyak mentah Iran, bertentangan dengan perdagangan internasional. Beberapa negara mendesak untuk dibebaskan dari  sanksi dan sejumlah negara mengumumkan, tidak akan mematuhi aturan tersebut.

TAGS : Jepang Iran Amerika Serikat minyak




TERPOPULER :