Minggu, 18/11/2018 02:38 WIB

Mendikbud: Pemain Muda Gala Siswa Indonesia Bisa Direkrut PSSI

Upaya itu merupakan amanah Presiden Joko Widodo, yang dilakukan dalam rangka memajukan dunia sepak bola Indonesia

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy memimpin lari keliling lapangan dalam pembukaan GSI 2018 di Kota Padang

Padang – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menyebut para pemain muda potensial yang berlaga di Gala Siswa Indonesia (GSI), punya peluang direkrut oleh Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Upaya itu merupakan amanah Presiden Joko Widodo, yang dilakukan dalam rangka memajukan dunia sepak bola Indonesia, serta menjaring bibit-bibit muda agar tim nasional bisa berbicara banyak di pentas internasional.

“Para pemain muda potensial yang muncul dari Gala Siswa Indonesia bisa direkrut PSSI dan KONI untuk menjadi pemain profesional. Sehingga dapat mewujudkan pembangunan persepakbolaan Indonesia,” kata Mendikbud usai lari mengelilingi lapangan bola, dalam rangka pembukaan GSI tingkat SMP di Lapangan Imam Bonjol, Kota Padang, Sumatera Barat pada Jumat (6/7).

GSI ini, lanjut Menteri Muhadjir, akan dilangsungkan secara bertingkat, mulai dari level kabupaten/kota, provinsi, hingga nasional. Di tingkat nasional, tim dari masing-masing provinsi akan diundang ke Jakarta untuk berhadapan dengan provinsi lainnya.

Dalam kesempatan itu, Mendikbud sekaligus memberikan apresiasi terhadap Pemerintah Kota Padang, yang ikut berperan menyukseskan kompetisi olahraga tersebut. Selain untuk berkompetisi, GSI juga bisa memacu semangat warga untuk berolahraga.

“Kami mengapresiasi Pemerintah Kota Padang yang berkomitmen menyukseskan penyelenggaraan GSI, dan mengedepankan olahraga untuk menghadirkan warga yang sehat,” tutur Mendikbud.

Sementara dalam sambutannya, Walkot Padang Mahyeld Ansharulla menyambut pelaksanaan GSI di Kota Padang. Dia berjanji kegiatan serupa akan dilanjutkan, karena memberikan aktivitas positif bagi kaum muda.

“Kami menyambut baik penyelenggaraan GSI, karena kita juga selalu mengedepankan dan menghadirkan warga yang sehat dengan berolahraga. Kegiatan ini akan kami lanjutkan pada masa mendatang,” ujar Mahyeld.

Dalam GSI kali ini, sekolah dari tiga kecamatan berhasil masuk di tingkat kota, terdiri dari 14 SMP yakni Kecamatan Padang Timur terdiri dari SMPN 30, SMPN 5, SMPN 8, SMPN 9, SMPN 31, dan SMP Kartikan 1-7; Kecamatan Padang Utara terdiri dari SMPN 7, SMPN 25, SMPN 40, SMP AL Azhar, dan SMP Pembangunan Labor UNP; sedangkan Kecamatan Nanggalo terdiri dari SMPN 22, SMPN 12, dan SMPN 29.

TAGS : Kemdikbud Gala Siswa PSSI




TERPOPULER :