Rabu, 24/10/2018 01:27 WIB

Tentara Israel Tahan 3 Warga Asing

Pasukan Israel menahan tiga warga asing yang berkumpul dalam aksi protes terhadap penghancuran rumah-rumah milik komunitas Badui Palestina di desa Khan al-Ahmar, Yerusalem Timur

Ilustrasi saat tentara israel menangkap Fawzi al-Juneidim, pria berusia 16 tahun. (Foto: Anadolu).

Yerusalem - Tentara Israel  menahan tiga warga asing yang berkumpul dalam aksi protes terhadap penghancuran rumah-rumah milik komunitas Badui Palestina di desa Khan al-Ahmar, Yerusalem Timur.

Ketua aksi kampanye “selamatkan Khan al-Ahmar”, Abdullah Abu Rahmah, mengatakan tentara Israel pada pagi hari ini berusaha membubarkan kerumunan yang melakukan aksi protes terhadap keputusan pemerintah Israel yang merobohkan rumah dan barak ternak milik komunitas Badui Palestina.

Abu Rahmah tak memberikan informasi terkait warga asing yang ditahan itu. Tentara Israel menutup akses masuk ke desa tersebut.
Sejak Rabu pagi pasukan Israel menutup jalan-jalan yang mengarah ke desa Khan al-Ahmar dan Abu al-Nawwar Badui. Tentara Israel menghancurkan 40 rumah dan barak ternak di desa komunitas Badui Palestina Abu al-Nawwar, Tepi Barat yang diduduki.

Pasukan Israel membubarkan kerumunan warga yang melakukan protes dengan pukulan, bahkan tentara Israel juga menahan beberapa warga Palestina selama aksi protes tersebut.

Pada bulan Mei lalu, Mahkamah Tinggi Israel mengeluarkan perintah untuk penghancuran barak-barak yang dihuni oleh 190 warga Palestina, dan pembongkaran sebuah sekolah.
Wilayah tersebut merupakan tempat pemukiman warga Palestina yang dipaksa bermigrasi dari Gurun Negev oleh Israel pada tahun 1953.

Khan al-Ahmar membentang dari Yerusalem Timur di Israel hingga Laut Mati. Wilayah seluas 12.000 dekare ini merupakan bagian dari wilayah yang akan dicaplok dari rakyat Palestina dalam lingkup proyek E1.

Pihak Palestina menyatakan, pemerintah Israel menghancurkan pemukiman Arab Badui dan mengusir mereka secara paksa dengan tujuan untuk merelokasi masyarakat Yahudi yang bermukim di Yerusalem Timur, Azaria dan Laut Mati. (AA)

TAGS : Invasi Militer Israel Palestina




TERPOPULER :