Jum'at, 16/11/2018 05:01 WIB

Tips Menurunkan Berat Badan Setelah 40 Tahun

Seiring bertambahnya usia, tingkat metabolisme dan kekebalan menurun dan jadi kita mungkin mengalami sejumlah gangguan yang berkaitan dengan usia.

Ilustrasi lansia sedang berolahraga.

Jakarta - Usia 40 tahun adalah usia di mana kita benar-benar telah melintasi masa muda kita dan memasuki dunia baru kedewasaan. Pada usia 40 tahun, sebagian besar orang akan menyadari bagaimana tubuh kita bekerja, apa yang sehat baginya dan apa yang tidak, begitu seterusnya. Sementara penuaan membawa banyak hal positif, seperti halnya dengan hal lain, penuaan juga memiliki konsekuensi negatifnya.

Seiring bertambahnya usia, tingkat metabolisme dan kekebalan menurun dan jadi kita mungkin mengalami sejumlah gangguan yang berkaitan dengan usia. Selain itu, menurunkan berat badan setelah 40 tahun bisa menjadi sangat menantang, karena tingkat metabolisme lebih lambat. Jadi, inilah beberapa tips yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan, bahkan setelah 40 tahun.

1. Memahami Fakta
Pertama-tama, jika Anda ingin menurunkan berat badan atau mempertahankan berat badan yang sehat di usia 40-an, maka Anda harus memahami fakta bahwa tubuh kita berubah secara signifikan di sekitar usia ini, karena berbagai fluktuasi hormon dan fungsi metabolisme, tanpa memandang jenis kelamin. Jadi, sangat mudah bagi orang untuk menambah berat badan pada usia ini, tetapi bisa sangat sulit untuk kehilangannya. Orang harus ingat fakta ini, karena mungkin memerlukan lebih banyak usaha dan waktu untuk menurunkan berat badan bagi orang-orang di usia 40-an dibandingkan dengan orang-orang di usia 20-an.

2. Konsumsi Lebih Banyak Buah & Sayuran
Jika Anda sudah rewel tentang makan buah dan sayuran di masa muda Anda, masih belum terlambat untuk memulai kebiasaan ini. Bahkan, orang-orang di usia 40-an harus mengkonsumsi lebih banyak buah dan sayuran karena nutrisi dan antioksidan dalam buah dan sayuran dapat menstabilkan fluktuasi hormon dan juga meningkatkan tingkat metabolisme Anda sampai batas tertentu, sehingga membantu hilangnya lebih cepat sel-sel lemak dalam tubuh.

3. Makan Lebih Sedikit
Pada usia 40, banyak hal berubah di dalam tubuh dan metabolisme kita tidak seaktif dulu. Jadi, ketika Anda mulai menua dan mencapai usia 40-an, Anda disarankan untuk mengurangi jumlah makanan yang Anda konsumsi (meskipun makanan sehat), sambil memastikan bahwa Anda mendapatkan cukup nutrisi. Dengan cara ini, jumlah kalori yang masuk ke tubuh Anda akan berkurang. Namun, berbicaralah dengan dokter Anda sebelum melakukan perubahan pada diet Anda.

4. Masak Di Rumah
Selama masa muda akan lebih umum bagi orang untuk makan cukup banyak, dengan teman-teman dan orang-orang yang tercinta. Namun, jika Anda melanjutkan kebiasaan yang sama bahkan ketika Anda mendekati usia 40-an, maka, menurunkan berat badan bisa lebih sulit.

Metabolisme kita akan lebih cepat selama masa muda, jadi makan banyak tidak akan meningkatkan berat badan kita secara signifikan. Pada usia 40 tahun, karena metabolisme berjalan lambat, makan junk food dapat menyebabkan penurunan berat badan. Jadi, makan makanan sehat di rumah pada sebagian besar hari dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

5. Jangan Lewatkan Sarapan
Ini adalah aturan umum untuk menurunkan berat badan yang harus diikuti oleh orang-orang di semua usia. Namun, orang-orang di usia 40 mungkin cenderung sering melewatkan sarapan, karena mereka begitu sibuk menyiapkan anak-anak mereka untuk sekolah, memasak, bersiap-siap untuk bekerja, dll. Dan mereka harus melakukan banyak tugas. Jadi, akan sulit menemukan waktu untuk sarapan sehat. Melewatkan sarapan dapat lebih memperlambat laju metabolisme dan mencegah penurunan berat badan.

6. Kurangi Asupan Alkohol
Meskipun benar bahwa bahkan orang-orang berusia 20-an dan 30-an mengkonsumsi alkohol, karena mereka mungkin "pesta" lebih banyak daripada orang-orang di usia 40-an, itu juga fakta bahwa orang-orang berusia 20-an dan 30-an mungkin dapat membakar kalori dari alkohol lebih cepat. Jika Anda mengonsumsi banyak alkohol secara teratur bahkan pada 40, maka, Anda mungkin mendapatkan banyak berat badan, karena metabolisme Anda lebih lambat. Selain itu, alkohol juga buruk bagi kesehatan Anda secara umum.

7. Cari Waktu untuk Berolahraga
Pada usia 40, karena Anda mungkin memiliki banyak tanggung jawab dalam hidup, seperti, pekerjaan yang sibuk, keluarga, anak-anak, dll, maka Anda mungkin harus banyak tugas dan mungkin tidak punya cukup waktu untuk berolahraga. Namun, buatlah pikiran Anda untuk berolahraga setidaknya 40 menit setiap hari, tidak peduli apa.
Bahkan jika itu berarti bangun pagi-pagi untuk pergi ke gym atau pergi untuk lari setelah makan malam daripada menonton TV. Dengan cara ini, Anda dapat menurunkan berat badan lebih cepat dan lebih efisien.

TAGS : diet tips sehat olahraga makan gaya hidup




TERPOPULER :