Selasa, 20/11/2018 00:51 WIB

Habis Dwifungsi ABRI, Terbit Dwifungsi Polri

Setelah dwifungsi ABRI dihapus ketika orde baru (Orba) lengser, kini muncul dwifungsi Polri. Hal itu terkait pengangkatan mantan Kapolda Metro Jaya, Komjen M. Iriawan sebagai Pj Gubernur Jawa Barat (Jabar).

Ilustrasi TNI dan Polri

Jakarta - Setelah dwifungsi ABRI dihapus ketika orde baru (Orba) lengser, kini muncul dwifungsi Polri. Hal itu terkait pengangkatan mantan Kapolda Metro Jaya, Komjen M. Iriawan sebagai Pj Gubernur Jawa Barat (Jabar).

Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane mengatakan, penunjukann Iriawan akan menimbulkan pertanyaan dan kecemburuan TNI.

"Dimana pasca Orba dwifungsi ABRI dihapus kok sekarang muncul Dwifungsi Polri," cetus Neta, Neta dalam keterangan resminya, Senin (18/6).

Dengan penunjukan ini, lanjut Neta, independensi Polri diragukan. Hal ini mengingat dalam Pilkada Jabar ada jenderal Polri yang ikut bertarung.

"Sehingga patut dipertanyakan apakah penunjukan ini untuk mengamankan calon polisi di Pilgub," ujarnya.

Kata Neta, Polri akan dikecam publik jika terjadi konflik di akar rumput dalam Pilgub Jabar. "Mengingat Kapolda dan Pj Gubernur Jabar dari Polri tapi tetap tidak mampu melakukan pengamanan," terang dia.

Selain itu, kata Neta, penunjukan Iriawan juga akan menimbulkan kejengkelan birokrat sipil Depdagri, seolah Depdagri tidak punya pejabat yang mumpuni jadi Pj Gubernur Jabar.

"Jangan mentang-mentang menterinya dari PDIP dan PDIP dekat dengan Polri langsung main tunjuk jenderal Polisi sebagai Pj Gubernur Jabar," ucapnya.

IPW, kata Neta, berharap elit tertentu jangan menyeret-nyeret Polri ke dunia lain. Menurut Neta, Polri cukup dijaga profesionalisme dan independensinya. "Agar kepercayaan publik tetap terjaga," tandas Neta.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo mengatakan, penunjukan Iriawan sebagai ‎Pj Gubernur Jabar adalah usulan dari kementerianya melalui Mensesneg untuk Keputusan Presidennya. Tjahjo menilai, usulan Iriawan sebagai Pj Gubernur Jabar sudah sesuai aturan.

"Mendagri yang usulkan nama-nama Pejabat Gubernur melalui Mensesneg untuk Keppresnya," ucap Tjahjo saat dikonfirmasi, Senin (18/6/2018).

Diketahui, Komjen M Iriawan dilantik sebagai Pj Gubernur Jabar di Gedung Merdeka, Bandung, Jawa Barat pada Senin (18/6/2018) pagi ini. Saat ini, Iriawan sendiri sedang menjabat Sestama Lemhanas.

TAGS : Pilgub Jabar Mendagri Komjen Iriawan Pj Gubernur




TERPOPULER :