Kamis, 21/06/2018 13:47 WIB

Lima Tips Mudik dengan Kendaraan Pribadi

Persiapan mudik dengan membawa kendaraan sendiri tentu saja lebih kompleks, seperti apa?

Persiapan mudik dengan membawa kendaraan sendiri tentu saja lebih kompleks. (Foto: Istimewa)

Jakarta - Musim mudik sudah tiba, ruas jalan menuju ke arah kampung halaman sudah mulai ramai.Namun supaya perjalanan mudik tersebut lancar pemudik dimbau harus memperhatikan langkah-langkah ini. Terlebih bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Direktur Lalu Lintas Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Pandu Yunianto seperti yang dilansir dari Gridoto berikut ini:

1. Cek kondisi kendaraan dan fisik

Bawa mobil ke bengkel untuk diperiksa sekaligus memastikan apakah komponen-komponen vital kendaraan masih layak untuk digunakan perjalanan jarak jauh atau tidak.

Sekalipun sudah dilakukan, jangan lupa untuk memeriksanya kembali di rumah sesaat sebelum berangkat. Persiapan matang baik dari sisi kendaraan maupun fisik pemudik itu menjadi syarat penting kelancaran selama perjalanan.

2. Cek saldo e-tol

Para pengguna jalan tol pun diminta rajin-rajin mengecek saldo uang elektroniknya sebelum memulai perjalanan. Diharapkan saat melakukan pembayaran dengan menempelkan uang elektronik di gerbang tol bisa berjalan lancar karena tidak kekurangan saldo.

3. Siapkan bekal makan ringan dan minuman

Bagi yang memiliki kendaraan pribadi biasanya lebih memilih untuk menyetir sendiri, dengan alasan lebih hemat dan praktis.

Namun, satu hal yang sering menjadi problema saat mudik menggunakan jalur darat yakni kemacetan sehingga memakan waktu lebih lama untuk sampai di rumah. Karenanya, lebih baik persiapkan bekal yang banyak sebelum melakukan perjalanan.

4. Jangan andalkan jalan tol

Untuk itu, Pandu Yunianto mengimbau pemudik untuk tidak hanya mengandalkan jalan tol saat mudik nanti. Jangan memaksakan diri masuk ke jalan Tol jika sudah ada arahan dari petugas untuk gunakan jalan arteri.

5. Perhatikan batas kecepatan

Para pemudik yang melintas di jalan Tol diminta untuk tetap berhati-hati, terutama dalam hal memperhatikan batas kecepatan kendaraan.

Kendarai kendaraan sesuai batas kecepatan yang ditentukan dan patuhi aturan lalu lintas. Segera istirahat sejenak jika merasa lelah atau ngantuk.

TAGS : Tips Mudik Kendaraan Pribadi




TERPOPULER :