Jum'at, 26/04/2024 00:30 WIB

Liga Arab Tuding Zionis Segaja Tembak Mati Razan Al Najjar

Razan al-Najar ditembak oleh penembak jitu Israel saat berlari menolong warga Palestina yang terluka di Gaza.

Razan Al Najjar (Foto: Google)

Kairo – Liga Arab menuding Israel sengaja membunuh paramedis bernama Razan al-Najar saat berusaha menolong warga Palestina yang terluka di kota Khan Younis di Jalur Gaza Selatan.

"Otoritas pendudukan Israel sepenuhnya bertanggung jawab atas pembunuhan paramedis tersebut," kata Liga Arab yang berbasis di Kairo itu dalam sebuah pernyataan.

Liga Arab juga meminta Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Palang Merah dan badan medis dunia lainnya untuk menyeret mereka yang bertanggung jawab ke pengadilan dan "meminta dengan paksa Israel agar menghormati perjanjian internasional mengenai keselamatan dokter dan tenaga medis".

Mereka juga mendesak PBB dan organisasi internasional lainnya untuk "menyelidiki kejahatan Israel dan mengadili mereka untuk bertanggung jawab atas kejahatan yang telah mereka lakukan."

Demonstrasi damai berlangsung sejak akhir Maret di Jalur Gaza, wilayah yang telah mengalami krisis kemanusiaan besar-besaran akibat blokade Israel selama lebih dari satu dekade.

Sejak aksi massa di Gaza dimulai pada 30 Maret lalu, lebih dari 120 demonstran Palestina telah menjadi martir dan ribuan lainnya mengalami luka-luka oleh tembakan tentara Israel.

Tentara Israel menggunakan amunisi hidup terhadap warga sipil yang menuntut pengembalian kota-kota dan desa-desa mereka di wilayah Palestina lama, serta mengakhiri blokade ilegal Israel yang telah diberlakukan di Gaza sejak 2006.

Banyak warga Palestina yang diwawancarai oleh Anadolu Agency telah menggambarkan Razan al-Najar sebagai paramedis muda yang juga menjadi "malaikat penjaga" karena membantu banyak demonstran yang terluka oleh tembakan Israel selama protes anti-pendudukan.

Untuk diketahui, perempuan  berusia 21 tahun itu tewas setelah ditembak di bagian dada oleh penembak jitu Israel pada Jumat (1/6). (aa)

KEYWORD :

Liga Arab Israel Gaza Razan al-Najar




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :