Jum'at, 19/04/2024 23:42 WIB

Foto dan Replika Kaos Messi Terancam Dibakar Penggemarnya, Jika...

Protes ini karena karena pertandingan itu akan dimainkan di Yerusalem.

Lionel Messi

Ramallah - Asosiasi Sepak Bola Palestina (PFA) mendesak para penggemarnya untuk membakar foto dan replika kaus penyerang Argentina, Lionel Messi jika ia bermain melawan Israel di Yerusalem pada akhir pekan mendatang.

Juara dunia dua kali Argentina akan bermain di Stadion Teddy Kollek di Yerusalem pada Sabtu malam pada pertandingan pemanasan Piala Dunia, di mana hal itu menarik perhatian para penggemar di Israel, terutama karena rencana partisipasi Messi.

Protes ini karena karena pertandingan itu akan dimainkan di Yerusalem. Dan ketua PFA, Jibril Rajoub menulis kepada Claudio Tapia, ketua Asosiasi Sepak Bola Argentina, pada pekan lalu yang menuding Israel menggunakan pertandingan itu sebagai "alat politik."

Stadion yang akan menjadi tempat berlangsungnya pertandingan itu terletak di Yerusalem barat. Palestina menginginkan bagian timur daerah itu sebagai ibukota negara di masa yang akan datang, yang akan mencakup Jalur Gaza dan Tepi Barat yang diokupasi Israel.

Bagaimanapun, status kota ini secara umum begitu sensitif. Pertandingan itu awalnya dijadwalkan dimainkan di Haifa namun otoritas Israel berkontribusi mendanai pertandingan itu untuk dipindahkan ke Yerusalem. Sehingga membuat kesal pihak Palestina.

"Pemerintah Israel telah mengubah pertandingan olahraga reguler menjadi alat politik. Sebagaimana hal ini diliput oleh media Argentina, pertandingan ini sekarang dimainkan agar dapat merayakan ulang tahun ke-70 negara Israel," demikian sebagian tulisan di surat Rajoub.

Pada Minggu, Rajoub mendeklarasikan kampanye menentang Argentina dan khususnya Messi. "Ia (Messi) adalah simbol besar, maka kami akan mengincar dia secara pribadi dan kami meminta semuanya untuk membakar fotonya dan kaus-kausnya dan untuk mengabaikan dia," ujarnya.

"Kami masih berharap Messi tidak akan datang," ucapnya kepada para pewarta setelah meninggalkan kantor perwakilan Argentina di kota Ramallah di Tepi Barat.

Sekelompok kecil remaja yang mengenakan syal sepak bola Palestina melakukan demonstrasi di luar kantor perwakilan dan berusaha untuk membakar bendera Argentina.

KEYWORD :

Lionel Messi Palestina Israel Argentina




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :