Kamis, 25/04/2024 22:52 WIB

Teroris Target DPR, Bamsoet Mengecam

Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengecam terduga teroris yang ditangkap Densus 88 di kampus Universitas Riau (UNRI), Sabtu (2/6). Dimana, terduga teroris tersebut menarget Gedung DPR RI.

Ketua DPR, Bambang Soesatyo

Jakarta - Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengecam terduga teroris yang ditangkap Densus 88 di kampus Universitas Riau (UNRI), Sabtu (2/6). Dimana, terduga teroris tersebut menarget Gedung DPR RI.

Bamsoet mengapresiasi aparat kepolisian yang sigap dalam mengantisipasi terjadinya aksi teror bom tersebut. Menurutnya, hal ini merupakan salah satu bukti keseriusan negara dalam memberantas terorisme di tanah air.

Setelah berbagai tindakan teror yang dilakukan para terduga teroris sebelumnya ditujukan ke kantor dan aparat kepolisian, kata Bamsoet, kini para terduga teroris yang merupakan alumni UNRI itu akan melancarkan aksinya di Gedung DPRD dan DPR RI.

"Saya sangat mengecam rencana ini," tegas Bamsoet, melalui rilisnya, Jakarta, Minggu (3/6).

Bamsoet meyakini, target gedung parlemen ditujukan bukan karena mereka tidak puas terhadap kinerja para wakil rakyat. Karena seiring kemajuan kehidupan demokrasi, berbagai saluran telah dibuka bagi rakyat dalam menyalurkan aspirasinya.

"Jika ada ketidakpuasan, baik itu terhadap lembaga legislatif, eksekutif, yudikatif, masyarakat bisa menyampaikan aspirasinya atau menempuh jalur hukum," terangnya.

"Tindakan teror tak ubahnya tindakan pengecut yang tak beradab. Saya yakin aparat hukum bisa segera memprosesnya. Terutama dalam menelisik lebih jauh keterkaitan mereka dengan organisasi teroris lainnya, terutama dari jaringan internasional," tegasnya.

Diketahui, tiga terduga teroris yang ditangkap Densus 88 bersama dengan Polda Riau di kampus Universitas Riau menargetkan peledakan di Gedung DPR dan DPRD Provinsi Riau.

"Berdasarkan hasil pemeriksaan akan diledakkan di DPRD dan DPR," kata Kepala Polda Riau, Inspektur Jenderal Polisi Nandang dalam keterangan pers di Pekanbaru, Sabtu (2/6).

Tiga terduga teroris, masing-masing berinisial Z, B, dan K, ditangkap tim gabungan di Gedung Gelanggang Mahasiswa FISIP Universitas Riau, Sabtu siang.

Nandang menyebut, ketiga terduga teroris itu alumni Jurusan Pariwisata, Komunikasi dan Administrasi Negara Univeritas Riau pada tahun angkatan 2002 hingga 2005.

KEYWORD :

Teroris Target DPR Terorisme Bambang Soesatyo




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :