Rabu, 25/11/2020 06:17 WIB

Iran Desak Uni Eropa Pertahankan Kesepakatan Nuklir

Uni Eropa (UE) akan memenuhi ikrar untuk mengamankan kepentingan Iran

Perempuan mengibarkan bendera Iran di samping patung yang menyerupai Liberty milik Amerika Serikat (Foto: AFP/Behrouz Mehri)

Jakarta - Kepala Organisasi Energi Atom Iran (AEOI) mendesak Uni Eropa tetap berkomitmen pada janji-janji mereka terkait dengan kesepakatan nuklir Iran 2015.

Ali Akbar Salehi menyatakan harapan bahwa Uni Eropa (UE) akan memenuhi ikrar untuk mengamankan kepentingan Iran, yang dibuat dalam pertemuan baru-baru ini dengan delegasi Iran di Brussels.

Salehi membuat pernyataan dalam konferensi pers bersama dengan pimpinan energi Uni Eropa yang berkunjung, Miguel Arias Canete.

"Upaya Uni Eropa untuk menyelamatkan kontrak nuklir menunjukkan bahwa kesepakatan itu, yang juga dikenal sebagai Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA), adalah perjanjian yang sangat penting bagi kawasan dan dunia," kata Salehi

"Namun, jika Eropa gagal untuk melaksanakan kewajiban mereka, Iran harus terus maju dengan perkembangan nuklirnya yang damai dengan tekad penuh," tambahnya.

Pejabat Iran mencatat bahwa Uni Eropa dan pemerintah Iran juga telah membahas untuk mengganti dolar AS dengan euro dalam transaksi perdagangan mereka, dan bahwa Uni Eropa telah mengambil langkah-langkah awal dalam hal ini.

Penarikan AS dari perjanjian nuklir Iran, sekali lagi, membuktikan kepada dunia bahwa Washington tidak dapat diandalkan dalam melaksanakan kewajiban internasionalnya.

"Kami keluar dari kesepakatan dapat menyebabkan beberapa masalah, tetapi itu tidak akan dapat menyebabkan masalah serius," tegasnya.

Canete menekankan bahwa menjaga kesepakatan nuklir adalah penting untuk perdamaian global dan regional.

Uni Eropa telah mengirim pesan kepada teman-teman Iran bahwa selama mereka tetap berpegang pada perjanjian, Eropa akan tetap berkomitmen untuk meningkatkan perdagangan dengan Iran.

Presiden AS Donald Trump memutuskan awal bulan ini untuk menghentikan perjanjian nuklir Iran dan berjanji akan memberlakukan kembali sanksi, termasuk embargo minyak, di Teheran.

Canete menambahkan bahwa kita harus meminta keringanan, untuk mengukir bagi perusahaan (Eropa) yang melakukan investasi.

TAGS : Iran Kesepakatan Nuklir Eropa




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :