Sabtu, 18/08/2018 02:10 WIB

Yordania Sebut Israel Sumber Konflik Timur Tengah

Israel adalah penyebab kekerasan, sumber konflik dan otak semua kejahatan di Timur Tengah.

Arab Saudi vs Israel (Getty Images)

Jakarta - Menteri Luar Negeri Yordania Ayman Safadi mengatakan bahwa penjajah Israel adalah penyebab kekerasan, sumber konflik dan otak semua kejahatan di Timur Tengah.

"Yerusalem Timur adalah tanah Palestina yang diduduki. Untuk menjalin perdamaian yang permanen semua harus menyelamatkan Palestina dari penjajahan dan kedzaliman [Israel] dan Yerusalem Timur harus menjadi ibu kota Palestina yang merdeka sesuai perbatasan tahun 1967," kata Safadi.

Safedi mencatat bahwa selama rakyat Palestina tak memiliki hak untuk mendirikan negara dengan ibu kota Yerusalem, maka gelombang kekerasan akan terus membesar.

Safedi mengungkapkan bahwa serangan tentara Israel terhadap warga Palestina yang melakukan aksi damai di perbatasan Gaza adalah tanpa sebab, ilegal dan tak manusiawi.

Safedi menambahkan, perdamaian di kawasan tak akan pernah tercapai selama masih ada pertumpahan darah dan kekerasan. Perdamaian hanya akan dibangun diatas kemerdekaan, kebebasan dan harga diri.

Ribuan warga Palestina berkumpul di perbatasan timur Jalur Gaza sejak Senin untuk berpartisipasi dalam aksi unjuk rasa memperingati Nakba dan memprotes pemindahan Kedutaan Besar AS dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Setidaknya 62 warga Palestina tewas dan ribuan orang lainnya luka-luka akibat tembakan Israel dalam aksi protes pada Senin. (AA)

TAGS : Yordania Israel Palestina Timur Tengah




TERPOPULER :