Minggu, 18/11/2018 02:09 WIB

Sociopreneurship, Saatnya Milenial Berdayakan Diri dan Masyarakat

Pemuda diharapkan dapat menciptakan lapangan pekerjaan dengan pendekatan kreatif sociopreneur.

Bekraf mendukung agar pemuda dapat menciptakan lapangan pekerjaan dengan pendekatan kreatif sociopreneur

Jakarta - PT Santos Jaya Abadi melalui salah satu merk-nya yaitu Kapal Api bekerjasama dengan Badan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (BEKRAF), memperkenalkan program dan gerakan wirausaha sosial (sociopreneurship) Secangkir Semangat #BuatNyataTujuanmu.

Kepala BEKRAF Triawan Munaf mengatakan Indonesia adalah kekuatan ekonomi terbesar ke-8 di dunia dan menguasai lebih dari 50% angkatan kerja di ASEAN. Pertumbuhan ekonomi kreatif yang terus meningkat akan menjadikan ekonomi Indonesia menempati posisi ke-4 terbesar di dunia pada tahun 2050 nanti.

“Gelombang kebangkitan sociopreneurship menjadi tanda pertumbuhan ekonomi nasional dan menjadi salah satu solusi bagi persoalan sosial-ekonomi bangsa," ujarnya dalam launching Secangkir Semangat #BuatNyataTujuanmu, di Jakarta, Senin (14/5).

Triawan pun menjelaskan bahwa Indonesia memiliki ragam pelaku industri kreatif muda sebagai penggerak utama sociopreneurship di Indonesia.

Banyak sociopreneur muda Indonesia dengan potensi dan pencapaian istimewa namun belum tersorot dan diwadahi secara baik, padahal inovasi mereka sangat menjanjikan dan bermanfaat bagi kehidupan sosial dan demi pengembangan profesi di masa kini maupun di masa mendatang.

“Sebagai agen perubahan, pemuda diharapkan dapat menciptakan lapangan pekerjaan untuk membantu mengentaskan permasalahan sosial-ekonomi dengan pendekatan kreatif sociopreneur. Hal tersebut hanya dapat terwujud jika mereka tumbuh dalam ekosistem yang kondusif dan didukung olehberbagai pihak secara lintas sektor,” imbuhnya.

Oleh karenanya BEKRAF menyambut baik inisiatif Kapal Api yang dinilainya menunjukkan kolaborasi antara pemerintah, sektor swasta, praktisi dan pelaku wirausaha sosial sebagai komitmen bersama dalam mendukung percepatan pengembangan ekonomi kreatif.

Direktur PT Santos Jaya Abadi, Paulus Immanuel Nugroho menegaskan program ini selaras dengan nilai-nilai luhur Kapal Api yaitu, penghargaan terhadap semangat hidup, bangga dan setia pada solidaritas sosial.

"Kami berkomitmen mendukung pertumbuhan sociopreneurship dengan memberdayakan pemuda Indonesia dalam mewujudkan mimpi sekaligus menciptakan dampak positif sosial-ekonomi, melalui program inspiratif yang aplikatif dan berkelanjutan,” tandasnya.

TAGS : Sociopreneur Pemuda Bekraf Wirausaha




TERPOPULER :