Jum'at, 26/04/2024 15:15 WIB

Relokasi Kedutaan AS di Israel Dimulai Hari Ini

Kushner bertemu dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu saat Israel merayakan Hari Yerusalem, memperingati 51 tahun ketika Israel menguasai kota setelah Perang Enam Hari 1967.

Delegasi Amerik Serikat tiba di Israel untuk mulia pemindahan kedutaan (foto: UPI)

Jakarta - Rombongan delegasi Amerika Serikat termasuk putri Presiden Donald Trump Ivanka Trump dan suaminya Jared Kushner tiba di Israel pada Minggu untuk merayakan relokasi kedutaan AS.

Kushner bertemu dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu saat Israel merayakan Hari Yerusalem, memperingati 51 tahun ketika Israel menguasai kota setelah Perang Enam Hari 1967.

Pada Senin (14/05), kedutaan AS akan secara resmi mulai bergerak dari Tel Aviv ke Yerusalem, di mana akan ada sekitar 50 orang termasuk duta besar AS David Friedman dan petugas konsuler AS yang sudah bekerja di lokasi tersebut.

Sebagian besar staf kedutaan akan tetap berada di fasilitas di Tel Aviv, yang akan ditetapkan sebagai kantor konsuler, hingga 2019 ketika Departemen Luar Negeri AS menyelesaikan perluasan kedutaan di Yerusalem.

Sekitar 800 orang diharapkan menghadiri pembukaan pada Senin dan Trump akan membahas acara tersebut melalui pesan video.

"Presiden Trump berjanji untuk mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel dan dia melakukannya. Dia berjanji untuk memindahkan Kedutaan Amerika ke Israel dan dia melakukannya. Tentu saja kita semua akan merayakan hari ini, perayaan nyata, besok," kata Netanyahu dilansir UPI.

Tahun lalu, Trump mengatakan Amerika Serikat akan mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel dan berjanji untuk memindahkan kedutaan AS dari Tel Aviv.

Keputusan itu disambut dengan kritik dari Palestina dan negara-negara lain, termasuk beberapa negara Eropa yang tidak akan menghadiri perayaan Senin.

KEYWORD :

Amerika Israel Trump




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :