Kamis, 25/04/2024 02:28 WIB

Ketua DPR Minta Anggota Dewan Publikasi Setiap Kegiatan

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menekankan pentingnya akuntabilitas dan transparansi kepada setiap anggota DPR RI dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

Ketua DPR, Bambang Soesatyo dalam Diskusi Publik bertajuk Menyoal Akuntabilitas Angota DPR RI

Jakarta - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menekankan pentingnya akuntabilitas dan transparansi kepada setiap anggota DPR RI dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Tak hanya itu, publikasi juga perlu dilakukan agar rakyat mengetahui apa saja yang dilakukan para wakilnya di Parlemen.

"Saya meminta para anggota dewan agar mau membagi berbagai kegiatannya melalui media sosial pribadi maupun whatsapp group. Ini dilakukan agar publik bisa mengetahui kegiatan di DPR, saat kunker ataupun di daerah pemilihan," ujar Bamsoet dalam Diskusi Publik `Menyoal Akuntabilitas Angota DPR RI` di Jakarta, Senin (07/05/18).

Politisi Partai Golkar ini menuturkan, berbagai langkah perbaikan terus dilakukan DPR dalam rangka transformasi menuju Parlemen Modern. Melalui penerapan transparansi, teknologi informasi, dan representasi, DPR Jaman Now diharapkan akan lebih dekat lagi dengan rakyat.

"Saat ini kita sedang membangun sistem agar berbagai kegiatan DPR RI, baik persidangan maupun kunjungan kerja, dapat diketahui rakyat secara real time melalui aplikasi DPR NOW yang bisa diinstal di handphone. Kita juga melakukan kerjasama dengan KPK dalam pelaporan LHKPN, dengan Dirjen Pajak dalam pelaporan pajak anggota, dan membuat website khusus laporan pengaduan masyarakat dalam rangka mewujudkan transparasi di DPR," terang Bamsoet.

Mantan Ketua Komisi III DPR RI ini juga meminta para anggota DPR RI turut melibatkan Biro Pemberitaan Parlemen dalam setiap aktivitas kedewanan. Sehingga, berbagai kegiatan bisa di publikasikan melalui akun media sosial dan website resmi DPR RI, TV dan Radio Parlemen, maupun di buletin dan majalah DPR RI.

"Tahun 2017 lalu, DPR RI menerima dua penghargaan untuk kategori Website dan Media Sosial dari ajang kompetisi public relations yang diselenggarakan majalah Public Relations. Kompetisi tersebut diikuti berbagai Biro Humas perusahaan swasta, BUMN, organisasi, lembaga kementerian, maupun pemerintah daerah. Ini membuktikan bahwa kinerja Biro Pemberitaan Parlemen sudah cukup bagus, dan tentu akan terus kita tingkatkan," kata Bamsoet.

Bamsoet mengapresiasi langkah Akbar Faisal dari Fraksi Nasdem yang meluncurkan laporan kinerjanya sebagai anggota DPR RI dalam acara diskusi tersebut. Sebagai representasi rakyat, maka kinerja Akbar Faisal memang harus dapat dipertanggungjawabkan kepada publik.

"Saya kenal baik saudara Akbar Faisal. Beliau sosok yang sangat kritis. Pandangannya sangat tajam dalam melakukan pengawasan terhadap pemerintah. Semua ia lakukan sebagai wujud pertanggungjawaban kepada konstituen yang memilihnya. Jika semua anggota DPR RI dapat melakukan hal yang serupa, tentu akan memperkuat kinerja dan citra DPR di mata publik," pungkas Bamsoet.

KEYWORD :

Warta DPR Ketua DPR Bambang Soesatyo




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :