Sabtu, 20/04/2024 15:53 WIB

Sering Bermasalah, DPR Minta Pemerintah Ganti Dirut Telkom

PT Telkom mengalami beberapa masalah, seperti gagal beroperasinya Satelit Telkom 1 dan saham yang terus anjlok sejak Oktober tahun lalu.

Dirut Telkom, Alex J Sinaga

Jakarta - Anggota DPR asal Partai Golkar, Dave Laksono mendesak agar pemerintah mencopot Alex J Sinaga dari jabatannya sebagai Direktur Utama PT Telkom.

Dave menilai jika di bawah kepemimpinan Alex, PT Telkom justru mengalami beberapa masalah, seperti gagal beroperasinya Satelit Telkom 1 dan saham yang terus anjlok sejak Oktober tahun lalu.

"(Mengganti Dirut Telkom) Itu pertanggungjawaban tertinggi, tapi harus ditelusuri kesalahannya di mana saja," kata Dave saat dihubungi, Jumat (20/4/2018) malam.

Dikatakan Dave, pergantian komposisi manajemen, termasuk Dirut dan jajaran direksi merupakan salah satu bentuk pertanggungjawaban dari PT Telkom lantaran telah merugikan masyarakat ketika satelit Telkom 1 gagal beroperasi.

"Mengganti Dirut itu satu hal, tapi harus (ada perbaikan) menyeluruh lah, jadi kesalahan dan kelemahan di mana," tegas anak dari Agung Laksono itu.

Seperti diketahui, satelit Telkom 1 sempat rusak pada Agustus 2017 dan berimbas pada matinya ribuan mesin ATM milik sejumlah bank di Indonesia.

Satelit yang dilubcurkan pada 1999 silam ini sejatinya memiliki masa bakti hingga 2014 saja. Namun, PT Telkom justru memperpanjang pengunaan satelit ini hingga 2019.

Itu dinilai Dave sebagai salah satu indikasi atau tanda bobroknya kinerja manajemen Telkom di bawah kepemimpinan Alex J Sinaga.

"Jelas lah (kinerja manajemen Telkom buruk), orang sampai ribuan ATM mati. Dan kalau masyarakat dirugikan, berarti harus ada pertanggungjawaban," tegas anggota Komisi I DPR itu.

Selain masalah satelit Telkom 1, terus merosotnya harga saham PT Telkom dalam bursa saham pun menjadi sorotan yang lain. "Ini harus ditelusuri juga, ini wilayah RUPS," ujar Dave.

Menurut Dave, dua masalah ini tak boleh dianggap remeh begitu saja. Ditegaskan Dave, seharusnya ada perbaikan yang menyeluruh di dalam internal Telkom. Pun termasuk kemungkinan untuk mengganti Direktur Utamanya Alex Sinaga.

Hal ini bukan tanpa dasar. Dave berdalih jika PT Telkom memang memiliki histori yang kelam terkait kebobrokan manajemen.

Hal ini, jelasnya, memang berangsur pulih sejak perusahaan ini go public. Namun, mencuatnya dua masalah di atas menjadi indikasi bahwa pembenahan yang dilakukan Telkom selama ini belumlah sempurna.

Sebab itu, Dave mendesak agar pemerintah menaruh perhatian dalam hal ini guna mencarikan jalan untuk memperbaiki PT Telkom.

"Saya bukan berharap, saya justru meminta ke pemerintah," tandas Dave.

KEYWORD :

Pergantian Dirut Telkom DPR




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :