Rabu, 17/10/2018 20:59 WIB

Indonesia Dinilai Perlu Berkaca pada Arab Saudi

salah satu aspek yang membuat Arab Saudi mampu meningkatkan peringkat pendidikannya di dunia ialah dengan mendatangkan banyak dosen-dosen asing

Menristekdikti Muhammad Nasir

Jakarta – Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir menilai salah satu negara yang mampu mengembangkan peringkat pendidikan di dunia yaitu Arab Saudi. Menurutnya, negara penghasil minyak tersebut telah berhasil melakukan inovasi sehingga mampu meningkatkan prestasi pendidikan di mata dunia.

Arab Saudi itu perguruan tingginya yang dulu tidak pernah diperhitungkan dunia sekarang ia masuk dalam peringkat 168 dunia,” ujar Nasir kepada wartawan.

Nasir mengatakan salah satu aspek yang membuat Arab Saudi mampu meningkatkan peringkat pendidikannya di dunia ialah dengan mendatangkan banyak dosen-dosen asing yang kompeten untuk membina mahasiswa-mahasiswa negara Padang Pasir tersebut.

“Apa mereka (Arab Saudi) lakukan ialah dengan mendatangkan dosen asing.  40 persen dosennya itu berkolaborasi, ada dari Amerika dan Eropa,” tuturnya.

Nasir menambahkan, salah satu alasan peringkat perguruan tinggi tanah air belum bisa berbicara banyak di mata dunia, ialah kurangnya usaha kolaborasi yang dilakukan perguruan tinggi, khsususnya terkait penyediaan dosen asing.

“Nah Indonesia belum ada kayak gitu. Hanya satu atau dua bulan kemudian dosen asing pergi lagi. Kalau di Arab, dosen asingnya bisa sampai satu tahun atau dau tahun bahkan tiga tahun,” kata Nasir.

“Kalau kita bisa kembangkan itu, pasti Indonesia akan lebih baik,” tambahnya.  

TAGS : Menristekdikti Impor Dosen Pendidikan Arab Saudi




TERPOPULER :