Selasa, 21/08/2018 05:35 WIB

Kegiatan CSR Telkom Dinilai Efektif dan Berdampak Positif

Telkom sebagai Digital Telecommunication Company selama ini selalu menjadikan program CSR sebagai pemberdayaan komunitas.

Telkom Indonesia

Jakarta – Kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan PT Telkom Indonesia (persero) Tbk dinilai efektif dan berdampak positif bagi masyarakat Indonesia.

"Lembaga riset ENCIETY selama dua tahun terakhir menyatakan untuk kegiatan CSR yang dilakukan Telkom menunjukkan nilai CSR Index di atas 70% alias istimewa. Di 2016 nilai skor dari Telkom  sebesar 70,18% dan 2017 sebesar 73,07%. Ini bukti kalau selama ini kegiatan CSR yang dilakukan Telkom selalu terukur dan berdampak positif bagi lingkungan operasinya," papar Senior General Manager Community Development Center Telkom M. Sulthonul Arifin di Jakarta, Kamis (19/4).

Pernyataan itu dijelaskan terkait pemberitaan jurnas.com sebelumnya yang berjudul "Dirut Telkom Disebut Diskriminatif Terkait Pembagian CSR" yang dipublikasikan pada tanggal 16 April 2018. Pada berita tersebut, Ketua PBNU, KH Marsudi Syuhud menyikapi tuntutan dan aspirasi ratusan mahasiswa dan pemuda di depan Gedung PT Telkom yang protes sikap Dirut PT Telkom Alex J Sinaga diduga melakukan penyelewengan dana CSR untuk kepentingan kelompok-kelompoknya.

"Salah satu yang diukur biasanya perspektif dari masyarakat terhadap Telkom. Pola perhitungan CSR Index ini sama dengan yang dilakukan perusahaan internasional seperti Google yang punya skor sekitar 75%," ujar Sulthonul.

Dikatakan Sulthonul, Telkom sebagai Digital Telecommunication Company selama ini selalu menjadikan program CSR sebagai pemberdayaan komunitas dalam mewujudkan rasa kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar.

"Tahun ini prioritas Telkom untuk CSR di bidang budaya, peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM), dan pembangunan daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3T)," ujar Sulthonul.

Vice President Corporate Communication Telkom Arif Prabowo menambahkan kegiatan CSR yang dilakukan Telkom selama ini sudah proporsional sesuai dengan keberagaman masyarakat Indonesia.  

"Langkah ini kami lakukan sesuai dengan proporsi umat beragama di Indonesia. Pelaksanaannya mempertimbangan kondisi masyarakat di setiap tempat pelaksanaan kegiatan CSR perusahaan," jelasnya.

Sebelumnya, Sekretaris Kementrian BUMN Imam Apriyanto Putro mengatakan Kementerian BUMN selalu mendorong dan memonitor agar bantuan yang dilakukan setiap perusahaan pelat merah bisa membantu semua kalangan tanpa memandang Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan (SARA).

"Kegiatan CSR harus menjadi langkah apresiasi atas keberagaman masyarakat Indonesia untuk saling menghargai dan menghormati. BUMN juga harus bisa langgeng bersinergi menghasilkan karya terbaik untuk bangsa," pungkasnya.

TAGS : Telkom Diskriminasi CSR Alex J Sinaga




TERPOPULER :