Jum'at, 26/04/2024 16:37 WIB

Elektabilitas Jokowi Didongkrak Cak Imin

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mendongkrak elektabilitas Presiden Jokowi dalam menghadapi Pilpres 2019 mendatang.

Presiden Jokowi dan Ketum PKB Cak Imin

Jakarta - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mendongkrak elektabilitas Presiden Jokowi dalam menghadapi Pilpres 2019 mendatang.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan Media Survei Nasional (Median) menyebutkan, 100 persen pendukung Cak Imin untuk Pilpres 2019 sepakat jika Jokowi berpasangan dengan Panglima Santri itu.

"100 persen pendukung Cak Imin itu akan mendukung Presiden Jokowi, jika Cak Imin dipasangkan dengan Jokowi," kata Direktur Riset MEDIAN Sudarto, saat memaparkan hasil survei bertajuk "Siapa Layak jadi Lawan atau Pasangan Jokowi?", di Kawasan Cikini, Jakarta, Senin (16/4).

Kata Sudarto, elektabilitas Presiden Jokowi dikatrol oleh Cak Imin sebagai calon wakil presiden (Cawapres). Hal itu dibuktikan dengan pasangan Jokowi-Cak Imin memiliki elektabilitas tertinggi dibanding dengan pasangan lainnya.

Dimana, Jokowi-Cak Imin memperoleh elektabilitas tertinggi sebesar 41,3 persen, Jokowi-Hari Tanoesudibjo 40,2 persen, Jokowi-Wiranto 39,0 persen, Jokowi Chairul Tanjung 38,7 persen, dan Jokowi-Zulkifli Hasan 38,1 persen.

"Pasangan yang paling tinggi didukung adalah Jokowi-Muhaimin Iskandar. Jadi kesimpulannya adalah elektabilitas Jokowi akan lebih tinggi jika dipasangkan dengan Muhaimin Iskandar," kata Sudarto.

Diketahui, survei tersebut dilakukan pada 24 Maret-6 April 2018. Populasi survei seluruh warga yang memiliki hak pilih. Target sampel 1.200 responden, dengan margin of error sebesar +/- 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Sampel dipilih secara random dengan teknik Multistage Random Sampling dan proporsional atas populasi Provinsi dan gender. Hasil survei menunjukkan dinamika politik yang terjadi selama masa pengambilan data. Quality control dilakukan terhadap 20 persen sampel yang ada.

KEYWORD :

Pilpres 2019 Presiden Jokowi Cawapres Muhaimin Iskandar




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :