Minggu, 25/08/2019 07:22 WIB

Puan Akui Kenal Made Oka, Pemberi Uang e-KTP yang Disebut Novanto

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani mengaku mengenal Made Oka Masagung. Made Oka adalah yang disebut Setya Novanto memberikan uang hasil korupsi e-KTP kepada Puan.

Puan Maharani

Jakarta - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani mengaku mengenal Made Oka Masagung. Made Oka adalah yang disebut Setya Novanto memberikan uang hasil korupsi e-KTP kepada Puan.

Berdasarkan pengakuan Setya Novanto, Made Oka memberikan uang sebesar USD 500 ribu kepada putri Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Seokarnoputri itu.

"Saya kenal dengan Made Oka, karena kebetulan beliau itu teman keluarga Bung Karno," kata Puan, kepada wartawan, di Kantor Kemenko PMK, Jumat (23/3).

Puan menerangkan, Bung Karno memiliki hubungan baik dengan orang tua Made Oka. Bahkan, mantan Ketua Fraksi PDIP itu mengenal dengan keluarga Made Oke. "Hubungan keluarga jadi kenalan, lah, keluarga," terangnya.

Namun, Puan membantah soal pembahasan proyek e-KTP dengan Made Oka. Menurutnya, tidak pernah berhubungan dengan kasus korupsi yang merugikan keuangan negara senilai Rp 2,3 triliun itu.

"Dengan nama-nama yang disebutkan kemarin juga sama sekali enggak kenal," tegasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Novanto dalam sidang pemeriksaan terdakwa menyebut beberapa nama yang diduga terseret dalam pusaran aliran uang proyek e-KTP. Di antaranya, Puan Maharani dan Pramono Anung.

Saat proyek e-KTP bergulir, Puan diketahui menjabat sebagai Ketua Fraksi PDIP, sementara Pranomo duduk sebagai Wakil Ketua DPR RI. Keduanya disebut Novanto telah menerima uang masing-masing USD 500 ribu.‎

"Menurut saya itu, si Oka kedekatannya ya dengan sejarahnya. Dekat dengan keluarga Sukarno dan keluarga Oka sudah lama," kata Novanto, di Gedung Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (22/1).

Novanto juga mengungkap adanya aliran dana yang mengucur ke pimpinan Badan Anggaran DPR dan pimpinan Komisi II DPR RI ketika proyek tersebut bergulir. Uang tersebut ada yang diberikan oleh Andi Narogong dan Irvanto.

TAGS : Kasus e-KTP Setya Novanto Puan Maharani




TERPOPULER :