Kamis, 13/12/2018 00:28 WIB

AS Nyatakan Sudah Saatnya Melawan Iran

McMaster menuding Iran meningkatkan aktivitas terselubungnya untuk mengencangkan pengaruhnya di Timur Tengah.

Tentara Amerika Serikat

Jakarta - Penasehat Keamanan Nasional Amerika Serikat, H.R. McMaster mengatakan ini saatnya melawan Iran. Hal itu disampaikan menyusul dugaan Iran kian aktif mempersenjatai jaringan proksinya yang kuat di Suriah, Yaman, dan Irak. 

"Kami pikir, ini waktunya melawan Iran," kata McMaster saat menghadiri Munich Security Conference di Jerman Sabtu (17/2).

McMaster menuding Iran meningkatkan aktivitas terselubungnya untuk mengencangkan pengaruhnya di Timur Tengah. Salah satunya, mempersenjatai kelompok, Hizbullah di Lebanon. Ia menyebut kegiatan ini masih berlangsung hingga sekarang.

"Yang sangat memprihatinkan adalah jaringan proksi ini menjadi lebih dan lebih kapabel," ujar McMaster, dikutip dari Asharq Al-Awsat, Minggu (18/2).

Bukan hanya itu, ia juga menyebut  Iran di balik penggunaan senjata kimia oleh pemerintah Bashar al-Assad di Suriah. Ia menyatakan, tidak ada keraguan bahwa penggunaan senjata kimia oleh rezim Bashar al-Assad masih terus berlanjut.

"Sudah saatnya semua negara menahan rezim Suriah dan sponsornya bertanggung jawab atas tindakan mereka dan mendukung usaha Organisasi untuk Larangan Senjata Kimia," kata McMaster.

McMaster mengatakan sudah waktunya untuk membahas kekurangan serius dalam kesepakatan nuklir Iran tersebut dan merevisinya. Hal ini harus dilakukan agar Iran tidak lagi mengembangkan proyek rudal balistiknya.

TAGS : Iran Suriah Amerika Serikat H.R. McMaster




TERPOPULER :