Rabu, 21/04/2021 10:53 WIB

Kasus Tersangka Fredrich Yunadi Segera Disidang Tipikor

Fredrich sebelumnya telah ditetapkan sebagai tersangka atas dugaan merintangi proses penyidikan perkara e-KTP yang menjerat Setya Novanto.

Pengacara Fredrich Yunadi

Jakarta - Mantan kuasa hukum Setya Novanto, Fredrich Yunadi segera duduk dikursi pesakitan pengadilan tindak pidana korupsi. Pasalnya, proses penyidikan kasus dugaan merintangi perkara e-KTP yang menjeratnya telah rampung atau P21.

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah mengatakan, hari ini Kamis (1/2/2018), dilakukan penyerahan tersangka, berkas, dan barang bukti ke penuntutan atau tahap dua.‎ Pasca tahap dua ini, penuntut umum KPK memiliki waktu sekiranya 14 hari untuk menyusun surat dakwaan dan kemudian menyerahkannya ke pengadilan Tipikor.

Rencannya, kata Febri, persidangan akan digelar di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta. Fredrich ketahui ditahan di Rumah Tahanan Negara Klas 1 Jakarta Timur Cabang Rutan KPK, sejak 13 Januari 2018. ‎

"Sidang rencananya akan dilaksanakan di PN Tipikor Jakarta," ucap Febri, di gedung KPK, Jakarta.‎

Dikatakan Febri, pelimpahan berkas ke tahap dua tak mensyaratkan persetujuan dari tersangka.‎ Namun, Fredrich sempat menolak pelimpahan berkas tersebut. Bahkan, Fredrich menolak hadir ke ruang pemeriksaan.

Kerena itu, sambung Febri, tim KPK mendatangi Fredrich yang mendekam di Rutan KPK. ‎Pelimpahan itu pun tetap dilanjutkan. Sementara untuk keberatan Fredrich dituangkan dalam berita acara pelimpahan.

"Pelimpahan tahap dua tidak mensyaratkan persetujuan dari tersangka, sehingga proses tetap dilakukan dan keberatan FY dituangkan dalam berita acara pelimpahan," kata Febri.

Fredrich sebelumnya telah ditetapkan sebagai tersangka atas dugaan merintangi proses penyidikan perkara e-KTP yang menjerat Setya Novanto. Fredrich ditetapkan sebagai tersangka bersama-sama dokter Rumah Sakit Medika Permata Hijau, Bimanesh Sutarjo.

Berbeda dengan Fredrich, penahanan Bimanesh diperpanjang untuk 40 hari kedepan. Proses penyidikan dan pemberkasan kasus yang menjerat Bimanesh masih terus diintensifkan penyidik KPK.

TAGS : e-KTP Setya Novanto Fredrich Yunandi




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :