Minggu, 20/10/2019 12:46 WIB

Catat, Begini Cara Mengatasi Jet Lag yang Mesti Kamu Ketahui

Ilustrasi seorang perempuan sedang tidur

Jakarta – Sehabis melakukan perjalanan panjang, biasanya seseorang mengalami gelisah, kelelahan, dan gampang mengantuk. Kondisi ini disebabkan oleh jet lag. Apa itu?

Jet lag adalah perubahan waktu tidur sementara, atau merasa lelah dan kebingungan setelah melakukan perjalanan panjang menggunakan pesawat terbang yang melintasi beberapa zona waktu. Gejala umumnya ialah perubahan pola tidur, rasa mengantuk dan kelelahan.

Nah, sebelum berbicara soal bagaimana mencegah jet lag, yang mesti kamu ketahui terlebih dahulu ialah penyebab jet lag. Dilansir dari Travel Wire Asia, jet lag disebabkan oleh beberapa hal, antara lain:

Pertama, makan. Memutuskan ngemil atau makan makanan berat saat sedang berada di atas pesawat, bukanlah pilihan yang bijak. Sayuran dan kacang-kacangan seperti kol, kubis, daun bawang, dan kacang dapat memicu produksi gas di perut. Dengan tekanan udara yang terdapat di dalam kabin, kamu bisa saja merasa mual.

Kedua, minum alkohol. Bila ada yang bilang bahwa minum alkohol dapat menghilangkan kecemasan sebelum penerbangan, itu tidak sepenuhnya benar. Dengan meminum alkohol, maka kamu akan mengalami dehidrasi. Sebaiknya alkohol diganti dengan minum air yang banyak.

Jadi, apa kunci mencegah jet lag? Tidak makan apapun selama penerbangan!

Menurut Dr. Clifford Saper dari Harvard Medical School, tubuh manusia memiliki jam sirkadian yang terdapat di otak. Fungsinya ialah memberi tahu kamu untuk makan dan tidur, sebagai respon dari intensitas cahaya.

Penelitian menunjukkan, ketika kamu tidak makan apapun selama penerbangan, jam cadangan beraksi. Melalui manipulasi dan periode kelaparan hingga 16 jam, kamu dapat memutar maju jam sirkadian ini. Walhasil tubuh kamu dapat menyesuaikan dengan cepat ketika tiba di zona waktu yang baru.

TAGS : Tips Kesehatan Jet Lag




TERPOPULER :