Kamis, 26/11/2020 21:43 WIB

Dialog Korut-Korsel, Ini yang Akan Dibahas

Pemerintah Korea Selatan (Korsel) akan membahas cara-cara mengurangi ketegangan militer dengan tetangga Korea-nya pada Selasa (9/1) besok.

Kim Jong-un (NCB)

Seoul - Pemerintah Korea Selatan (Korsel) akan membahas cara-cara mengurangi ketegangan militer dengan tetangga Koreanya pada Selasa (9/1) besok. Menurut Menteri Unifikasi Korea Selatan (Korsel) Cho Myoung-gyon, pertemuan ini pertama kalinya sejak lebih dari dua tahun.

Cho akan membawa sebanyak lima delegasi Korsel untuk dialog perbatasan kedua negara tersebut. Pyongyang mengutus Ri Son-gwon yang bertugas mengepalai badan negara terkait hubungan antara kedua negara di Semenanjung Korea itu.

Recana perundingan tersebut hanya beberapa hari setelah pemimpin Korut Kim Jong-un mengalihkan pembicaraan dari ancaman serangan nuklir pada Tahun Baru dan mulai mengangkat kemungkinan partisipasi negaranya di Olimpiade Musim Dingin di Korea Selatan.

Menurut kantor berita Yonhap, Cho mengatakan kedua pihak akan berfokus pada Olimpiade dan pihaknya akan berupaya keras membuka jalan agar Korea Utara bisa ikut serta turnamen itu.

Namun, ia juga mengaku akan menggunakan kesempatan ini untuk mengungkit isu-isu penting lainnya seperti hubungan dingin antara kedua negara dan menyatukan kembali keluarga-keluarga yang dipisahkan oleh ketegangan antara Korea Utara dan Selatan.

TAGS : Korea Selatan Korea Utara




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :