Senin, 30/11/2020 14:51 WIB

Angkatan Laut Australia Sita 3,5 Ton Ganja di Laut Arab

Kapal perang Australia yang beroperasi di Laut Arab untuk kedua kalinya menahan kapal yang mengangkut 3,5 ton ganja senilai AUD142 juta atau sekitar Rp1 triliun.

Kepolisian Kelautan memerika paket narkoba yang disita oleh HMAS Warramunga (Foto: AFP)

Canberra - Kapal perang Australia yang beroperasi di Laut Arab untuk kedua kalinya menahan kapal yang mengangkut 3,5 ton ganja senilai AUD142 juta atau sekitar Rp1 triliun.

Sebelumnya, HMAS Warramunga berhqsil mengamankan ganja seberat delapan ton pada akhir Desember selama manuver di daerah tersebut sebagai bagian dari kemitraan angkatan laut Gabungan Maritim (CMF).

Penyitaan terakhir terjadi pada 3 Januari dengan dukungan dari helikopter Angkatan Laut Kerajaan Inggris, dan awak kapal untuk menemukan dan menaiki kapal tersangka di perairan internasional.

Perwira komando HMAS Warramunga, Dugald Clelland mengatakan, itu adalah operasi pada malam hari yang sangat menantang. "Helikopter Royal Navy mampu memberi isyarat kepada kami ke kapal yang dicurigai." katanya.

"Pihak Warramunga  melakukan pekerjaan kelas satu yang mencari dan menyita lebih dari tiga setengah ton narkotika terlarang," sambungnya dilansir dari Al Arabiya, Jumat (5/1).

HMAS Warramunga adalah bagian dari kemitraan Angkatan Laut Gabungan Gabungan di mana 32 negara berpatroli 6,5 juta kilometer persegi (2,5 juta mil persegi) perairan internasional.

Fokus mereka adalah memastikan arus perdagangan sah yang bebas, tapi juga untuk menindak aktivitas teroris di wilayah Timur Tengah dan Samudera Hindia.

 

TAGS : Australia Narkoba HMAS Warramunga




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :