Selasa, 16/04/2024 23:00 WIB

Putin Kandidat Presiden Terkut Pilpres Rusia 2018

Vladimir Putin mengkonfirmasi akan mencalongkan diri untuk ketiga kalinya sebagai calon presiden Rusia tahun depan.

Presiden Rusia Vladimir Putin (Foto: Mikhail Metzel/TASS )

Moskow - Vladimir Putin akhirnya mengkonfimasi bahwa ia akan mencalongkan diri untuk ketiga kalinya sebagai presiden Rusia tahun depan.

"Ya, saya akan mencalonkan diri sebagai calon presiden Rusia," kata Putin saat bertemu dengan para pekerja di pabrik bersejarah negara itu, GAZ (Gorkovsky Avtomobilny Zavod), di Nizhny Novgorod Rusia pada Rabu (6/12).

"Negara kita adalah rakyatnya, orang-orang seperti Anda," kata pemimpin Rusia tersebut saat berbicara kepada pekerja dan veteran pabrik tersebut.

"Mereka itu adalah pekerja, ilmuwan, insinyur, perancang, guru dan dokter," kata Putin, menambahkan bahwa dengan "keterlibatan aktif" rakyatnya, Rusia "dapat menghadapi tantangan bahkan tantangan yang paling rumit yang dihadapi.

"Rusia akan maju dan tidak ada yang akan menghentikannya," tambahnya dilansir RT, Kamis (7/12)

Sebelumnya pada hari itu, presiden menghadiri upacara penghargaan Volunteer 2017 Rusia di Moskow, di mana dia bertanya kepada audiens apakah mereka akan mendukung keputusannya untuk mencalonkan diri. Jawabannya nampaknya bulat "Ya."

"Ketika saya membuat keputusan, saya pasti akan mengingat percakapan kita hari ini dan reaksi Anda," kata Putin.

Motif di balik keputusan ini, kata Putin hanya untuk membuat kehidupan orang-orang di negara kita menjadi lebih baik dan membuat negara itu sendiri lebih kuat dan terlindungi.

Pemilu mendatang pada 18 Maret akan menjadi yang keempat dalam karir politik Putin. Ia menduduki jabatan presiden untuk dua periode 2000 hingga 2008, dan menjabat sebagai perdana menteri dari 2008 hingga 2012. Putin kemudian memenangkan jabatan ketiga sebagai presiden pada tahun 2012.

Sebelumnya, media Rusia melaporkan, ia dapat mencalonkan diri sebagai kandidat independen. Presiden Rusia mendapat dukungan lebih dari 82 persen orang Rusia  menurut sebuah jajak pendapat yang dilakukan oleh VTSIOM yang dikelola negara pada akhir September.

Beberapa orang lain, termasuk sejumlah wanita juga dikabarkan pencalonan diri dalam pemilihan Presiden Rusia 2018. Kepala Partai Liberal-Demokrat Vladimir Zhirinovsky, Partai Komunis Gennady Zyuganov, partai Yabloko yang liberal, Grigory Yavlinsky, jurnalis dan penyanyi-penulis lagu Ekaterina Gordon, selebriti dan aktivis Ksenia Sobchak, dan ombudsman bisnis Boris Titov telah mengumumkan.

KEYWORD :

Pilpres 2018 Rusia Vladimir Putin




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :