Senin, 11/12/2017 22:26 WIB

Rudal Yaman Hantam Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir di UEA

pembangkit listrik tenaga nuklir berkapasitas 30 miliar dolar berlokasi di Abu Dhabi dan menghasilkan listrik berkapasitas 5.600 megawatt

Ilustrasi Rudal

Jakarta - Rudal pasukan tentara Yaman diduga telah menyerang fasilitas tenaga nuklir Uni Emirat Arab (UEA) di Abu Dhabi dengan rudal jelajah, Minggu (3/12) waktu setempat. Fasilitas tersebut berada di pabrik nuklir Barakah di ibu kota UEA.

Kabar tersebut tercuak saat Unit Rudal Yaman merilis video serangan ke reaktor Nuklir Barakah milik Uni Emirat Arab beberapa waktu setelah membuat pengumuman mengejutkan mengenai serangan mereka pada Minggu (3/12) ke reaktor tersebut.

Dilansir FNA, pembangkit listrik tenaga nuklir berkapasitas 30 miliar dolar berlokasi di Abu Dhabi dan menghasilkan listrik berkapasitas 5.600 megawatt, yang bekerjasama dengan perusahaan listrik KEPCO di Korea Selatan telah merancang pembangkit listrik Barakah di UAE dan dijadwalkan mulai beroperasi pada 2017.

Arab Saudi telah menyerang Yaman sejak Maret 2015 untuk mengembalikan kekuasaan kepada presiden buronan Mansour Hadi, sekutu dekat Riyadh. Agresi yang dipimpin Saudi sejauh ini telah membunuh setidaknya 15.000 orang Yaman, termasuk ratusan perempuan dan anak-anak.

Hampir 3,3 juta orang Yaman, termasuk 2,1 juta anak-anak, saat ini menderita malnutrisi akut. Agresi Al-Saud juga telah menghancurkan fasilitas dan infrastruktur negara tersebut, menghancurkan banyak rumah sakit, sekolah, dan pabrik.

Direktur bank darah nasional Yaman telah mengumumkan bahwa bank darah tersebut mungkin terpaksa ditutup karena kekurangan uang setelah badan amal medis internasional memutuskan untuk mengakhiri dua tahun masa dukungannya.

Tercatat, total 2.000 orang juga telah terbunuh oleh wabah kolera di Yaman yang dilanda perang sejak akhir April, pasalnya Arab Saudi mencegah pasien bepergian ke luar negeri untuk perawatan dan menghalangi masuknya obat.

TAGS : Yaman Arab Saudi Abu Dhabi Rudal




TERPOPULER :