Kamis, 23/11/2017 08:57 WIB

Surati Rusia, Korut Nyatakan Siap Gempur AS

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan pada Sabtu (11/11) bahwa ia tidak menyadari sepucuk surat yang dikirim dari pemimpin Korea Utara Kim Jong Un kepada Vladimir Putin.

Pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong Un (Foto: Reuters)

Moskow - Delegasi Korea Utara mengirim surat melalui juru bicara majelis tinggi Rusia Valentina Matvienko kepada Presiden Rusia Vladimir Putin. Isi surat tersebut mengatakan, bahwa Pyongyang siap melakukan serangan nuklir terhadap Amerika Serikat.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan pada Sabtu (11/11) bahwa ia tidak menyadari sepucuk surat yang dikirim dari pemimpin Korea Utara Kim Jong Un kepada Vladimir Putin.

Kabar  tersebut terjadi sesaat setelah sumber yang dekat dengan perundingan Oktober mengatakan kepada Sputnik bahwa Washington mengubah pendiriannya mengenai masalah Korea Utara setelah diberitahu tentang isi surat tersebut.

Surat tersebut, kata Valentina Matvienko, delegasi Korea Utara diserahkan kepadanya di majelis Inter-Parliamentary Union yang diadakan pada awal Oktober lalu.

Berita tentang kemungkinan serangan nuklir terhadap Amerika Serikat terjadi seperti yang dikatakan Vladimir Putin dalam konferensi pers pada Sabtu (11/11) bahwa Rusia dan China memiliki pandangan yang sama mengenai krisis Korea Utar. Ia mengatakan, baik Moskow maupun Beijing menyerukan dialog.

Presiden juga mengatakan bahwa penting untuk pertama-tama, menghentikan retorika perang, lalu menghentikan semua manifestasi agresi dari semua pihak, dan setelah itu duduk di meja perundingan untuk menemukan solusi atas krisis yang sedang berlangsung tersebut.

Isu Korea Utara adalah agenda Presiden Amerika Serikat Donald Trump dalam kunjungannya ke negara-negara Asia, kunjungan mancanegara yang paling lama sejak peresmiannya. Sebelum tur, termasuk kunjungan ke negara-negara termasuk Jepang, Korea Selatan, Filipina, Vietnam dan China, Trump mberharap agar Vladimir Putin dapat membantu mengatasi krisis Korea Utara.

Situasi di Semenanjung Korea telah memburuk tajam dalam beberapa bulan terakhir karena Pyongyang melakukan uji coba nuklir keenam yang melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB.

 

TAGS : Korea Utara Amerika Serikat Rudal China




TERPOPULER :