Kamis, 23/11/2017 08:58 WIB

Internasional

Begini Modus Baru Korut Rayu China

Hubungan Korea Utara dengan China, sekutu utamanya dan penyumbang ekonomi, mengalami ketegangan dalam beberapa bulan ini

Pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong Un (Foto: Reuters)

Seoul - Pemeirntah Korea Utara pada Rabu hari ini mengirim  ucapan selamat kepada China atas pembukaan kongres ke-19 partai komunis tersebut. Ia mengungpakan semoga acara tersebut berjalan dengan lancar dan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Menurut Kantor Berita Pusat Korea, Komite utama Partai Pekerja Korea yang berkuasa tersebut mengucapkan selamat kepada kongres Partai Komunis China. "Dengan tulus berharap Kongres Agung berhasil memuaskan," kata laporan tersebut.

Hubungan Korea Utara dengan China, sekutu utamanya dan penyumbang ekonomi, mengalami ketegangan dalam beberapa bulan ini karena upaya terus-menerus Pyongyang mengembangkan program nuklir dan rudal. China menerapkan sanksi PBB terhadap Korea Utara atas uji nuklir dan rudalnya.

Sebelumnya,Korea Utara mengirimkan ucapan selamat kepada China pada kongres partai ke-18 yang diadakan pada tahun 2012. Pernyataan tersebut mengungkapkan sumpahnya untuk membela dan memperkuat hubungan persahabatan antara kedua negara.

Tapi kali ini, Pyongyang mengirim pesan tiga kalimat tanpa menyebutkan arah masa depan hubungan mereka, sebagai cerminan hubungan mereka yang berantakan.

Beberapa ahli mengatakan bahwa pengiriman pesan ucapan selamat dari Utara mengindikasikan agar hubungan kedua negara tersebut tetap terjaga meski ada hubungan dingin.

"Langkah tersebut tampaknya meningikasikan, Korea Utara tidak bermaksud untuk memotong hubungan tradisionalnya dengan partai China," kata Park Byung-kwang, peneliti senior di Institut Strategi Keamanan Nasional yang dikelola negara.

Badan mata-mata Seoul sebelumnya mengatakan, Korea Utara dapat menembakkan rudal balistik antar benua pada lintasan standar di atas Pasifik. Namun sejauh ini, tidak ada tanda-tanda jelas akan provokasi Korea Utara yang akan datang, kata beberapa pejabat.

TAGS : Korea Utara China Kongres ke-19




TERPOPULER :