Jum'at, 16/11/2018 12:41 WIB

Pilgub Sulsel 2018, Warga Ingin Gebrakan Baru

Kompetisi Pilkada 2018 akan digelar di sejumlah daerah. Salah satunya, Sulawesi Selatan (Sulsel) yang turut serta akan melakukan pesta demokrasi lima tahunan dalam Pilgub.

Ilustrasi Pilgub 2018

Jakarta - Kompetisi Pilkada 2018 akan digelar di sejumlah daerah. Salah satunya, Sulawesi Selatan (Sulsel) yang turut serta akan melakukan pesta demokrasi lima tahunan dalam pemilihan gubernur (Pilgub).

Indonesia Development Monitoring (IDM), kembali menggelar survei untuk menakar keterpilihan para tokoh bakal calon gubernur Sulsel. Survei yang bertema "Mencari Sosok Penerima Tongkat Estafet Syahrul Yasin Limpo" ini digelar untuk menghimpun aspirasi masyarakat yang sedang  mengharapkan munculnya tokoh perubahan di Sulsel.

Direktur Eksekutif IDM, Bin Firman Tresnadi mengatakan, dari hasil survei tersebut didapati bahwa dari 1.421 responden hanya 60,8 persen yang mengetahui akan adanya Pilgub 2018 dan 39,2 Persen tidak mengetahui.

Dari hasil Survei ini juga diketahui bahwa keadaan ekonomi keluarga masyarakat Sulsel dalam lima tahun terakhir cukup bergejolak. Dimana, 57,2 persen responden menyatakan ekonomi keluarga mereka dalam keadaan sulit, 41,4 mengatakan keadaan ekonomi mereka pas-pasan alias gali lubang tutup lubang dan sisanya 1,2 Persen mengatakan ekonomi Keluarga mereka meningkat sedikit.

Sementara, untuk kinerja Gubernur terpilih pada periode sebelumnya hampir 60,3 Persen masyarakat menyatakan tidak puas dan 27,3 Persen mengatakan biasa saja dan sebanyak 12,4 mengatakan puas.

"Dari hasil temuan survei ini secara jelas menunjukan bahwa masyarakat Sulsel menginginkan kehadiran tokoh baru dengan gebrakan baru," kata Firman, lewat rilisnya, Jakarta, Minggu (8/10).

Menurutnya, masyarakat Sulsel menginginkan agar sosok pembaharu tersebut adalah pribadi yang tegas dan berwibawa. Dimana, 28,9 Persen masyarakat Sulsel menginginkan sosok yang berasal dari TNI/Polri, dari kalangan birokrat 19,2 persen, Politisi 8,2 Persen ,Professional 16,3 persen.

Dari nama-nama tokoh yang diuji dalam survei IDM tersebut, sosok Rivai Ras merupakan sosok yang berpontensi besar terpilih sebagai Gubernur Sulsel. Hal ini sangat terlihat dengan adanya tren kenaikan kepercayaan publik Sulsel terhadap Rivai.

"Sudah mulai mendekati pesaing utamanya Nurdin Halid dan Agus Arifin Nu’mang serta melampaui Akbar Fasial, Nurdin Abdullah, Nurdin Halid, Ichsan Yasin Limpo," terangnya.

Kendati dari hasil survei IDM kali ini Rivai Ras berada pada urutan ke tiga, namun tren kepercayaan publik terhadap dirinya semakin tak terbendung. Pada survei kali ini sosok Nurdin Halid masih pada urutan pertama dengan tingkat Popularitas 78,2 Persen, Kedua Agus Arifin Nu`Mang 74,2 Persen, Rivai Ras 72,1 Persen, Akbar Faisal 73,6 Persen, Nurdin Abdullah 68,2 Persen, Ichsan Yasin Limpo 68,1 Persen.

Tidak seperti tokoh-tokoh lain yang sudah lama berkecimpung di dunia politik Rivai Ras masih terbilang tokoh baru yang memiliki tingkat popularitas yang sangat tinggi.

“Untuk tingkat penerimaan publik terhadap para tokoh untuk memimpin Sulsel, Nurdin Halid diterima oleh 74,6 Persen responden, Rivai Ras 72,4 persen, Akbar Faisal 70,2 persen, Nurdin Abdullah 70,1 Persen, Ichsan Yasin Limpo 69,7 persen, Agus Arifin Nu`Mang 69,6 persen,” katanya .

Sedangkan dalam jawaban tertutup responden, ketika ada pertanyaan siapa yang akan dipilih nanti pada Pilgub Sulsel 2018, maka Jawaban Responden yang Memilih Nurdin Halid sebanyak 23,2 persen, Rivai Ras 19,2 persen, Nurdin Abdullah 17,4 persen, Agus Arifin Nu`Mang 14,2 persen, Akbar Faisal 8,4  persen, Ichsan Yasin Limpo 7,7 persen dan yang abstain sebanyak 9,9 persen.

Diketahui, survei ini berlangsung sejak 17 September hingga 29 September 2017 dengan jumlah  1.421  responden yang tersebar di 24 kabupaten/kota di Sulsel. Proses survei dilakukan secara proposional sesuai populasi  jumlah DPT di Sulsel yang diperkirakan mencapai 6,9 juta pemilih. Penarikan sample mengunakan metode multistage random sampling pada tingkat kepercayaan 95% dengan  margin of error +/- 2,6  persen.

TAGS : Pilkada 2018 Pilgub Sulsel Hasil Survei




TERPOPULER :