Jum'at, 19/04/2024 16:36 WIB

DPR Nilai Pemutaran Film PKI untuk Sampaikan Sejarah

Pimpinan DPR tidak mempersoalkan terkait rencana pemutaran film G30S/PKI. Sebab, hal itu dinilai sebagai upaya penyampaian sejarah kepada bangsa.

Wakil Ketua DPR, Taufik Kurniawan

Jakarta - Pimpinan DPR tidak mempersoalkan terkait rencana pemutaran film G30S/PKI. Sebab, hal itu dinilai sebagai upaya penyampaian sejarah kepada bangsa.

Demikian disampaikan Wakil Ketua DPR, Taufik Kurniawan, di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (19/9). Menurutnya, apapun sejarah perjuangan kebangsaan dari titik awal menuju kemerdekaan sampai ke kesejahteraan masyarakat harus disampaikan kepada generasi muda.

"Barangkali ada saat G30S/PKI banyak yang lahir, saya aja waktu itu baru dua tahun, sehingga pada posisi penyampaian informasi histori perjalanan kebangsaan itu menjadi hak dari setiap warga negara untuk mengetahui detailnya," kata Taufik.

Kata Taufik, masalah jalannya cerita jadi tanggung jawab pemerintah mengatur. Dimana, ada lembaga sensor materi kaitan dengan film menjadi kewenangan pemerintah.

"Pribadi saya setuju untuk diceritakan ke publik karena banyak juga anak-anak kita tidak paham, bagaimana kekejaman PKI, bagaimana waktu itu Al Quran diinjak-injak, dibakar dan seterusnya, ini kenyataan sejarah," tegasnya.

KEYWORD :

Pemutaran Film PKI PKI Panglima TNI DPR




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :