Kamis, 20/09/2018 09:15 WIB

Fadli Zon Tak Heran, Jokowi Utamakan Projo dari Forum Parlemen Dunia

Pimpinan DPR tidak heran dengan sikap Presiden Jokowi yang tidak menghadiri Sidang World Parliamentary Forum on Sustainable Development, di Bali.

Fadli Zon (JN)

Jakarta - Pimpinan DPR tidak heran dengan sikap Presiden Jokowi yang tidak menghadiri Sidang World Parliamentary Forum on Sustainable Development (Forum Parlemen Dunia Pembangunan Berkelanjutan), di Bali.

Wakil Ketua DPR Fadli Zon menilai wajar jika Presiden Jokowi lebih mengutamakan untuk menghadiri pertemuan dengan Projo ketimbang forum parlemen dunia yang dihadiri 47 negara.

"Mungkin (Jokowi) beliau menganggap Projo lebih penting dari forum parlemen dunia. Parlemen dunia kan tidak memilih beliau, sementara Projo memilih beliau," kata Fadli, disela-sela Forum Parlemen Dunia, di Nusa Dua Bali, Kamis (7/9).

Hal itu menanggapi kehadiran Presiden Jokowi dalam acara Projo yang notabennya adalah salah satu pendukung dan tim pemenangan saat kontestasi Pilpres 2014 yang lalu. Namun, dalam acara Forum Parlemen Dunia yang dihadiri dari 47 negara, Jokowi tidak hadir.

Padahal, kata Fadli, DPR telah melayangkan surat undangan kepada pemerintah. Hal itu mengingat, forum tersebut dianggap penting untuk pembangunan berkelanjutan. "Kita undang pemerintah, undangan kita kirim," tegas Wakil Ketua Umum Partai Gerindra itu.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah juga menyatakan sangat menyayangkan sikap Pemerintah yang tidak hadir dala, Sidang Parlemen Dunia atau World Parliamentary Forum on Sustainable Development Goals (SDGs) yang dihadiri 47 negara.

Menurutnya, kehadiran pemerintah dalam forum parlemen dunia tersebut dibutuhkan sebagai bentuk kepedulian dan komitmen terhadap pembangunan berkelanjutan.

"Eksekutif seharusnya hadir. Ini penting, untuk mengirim sinyal ke dunia bahwa Indonesia itu komit terhadap pembangunan berkelanjutan," kata Fahri, disela-sela forum Parlemen Dunia, di Nusa Dua Bali, Bali, Rabu (6/9).

Diketahui, sebanyak 47 negara yang hadir dalam Konferensi World Parliamentary Forum. Beberapa instusi internasional juga turut hadir, diantaranya UNEP, Women Parliament Leader, UN-SDSN, GOPAC, European Union dan AIPA.

TAGS : BKSAP Kerjasama Parlemen DPR Fadli Zon




TERPOPULER :