Jum'at, 20/10/2017 03:07 WIB

Anang Tuntut Inovasi Cerdas Pemkab Jember Manfaatkan JFC

Jember Fashion Carnaval (JFC) yang digelar pada 10-13 Agustus 2017, harus dapat memberi manfaat sebanyak-banyaknya bagi masyarakat.

Anggota Komisi IX DPR, Anang Hermansyah

Jakarta - Anggota komisi X DPR fraksi PAN menyampaikan pelaksanaan Jember Fashion Carnaval (JFC) yang digelar pada 10-13 Agustus 2017, harus dapat memberi manfaat sebanyak-banyaknya bagi masyarakat. Ia menuntut Pemerintah Kabupaten Jember memiliki inovasi cerdas dalam memanfaatkan JFC yang digelar meriah oleh para kreator.

Politisi asal Jember ini mengatakan pihak Pemkab Jember mesti bertanggungjawab demi manfaat yang maksimal dari pagelaran JFC. Apalagi, kata dia, pelaksanaan JFC memasuki tahun ke 16 yang berbarengan dengan penetapan Jember sebagai Kota Karnaval pertama di Indonesia.

Oleh karena itu, lanjutnya, JFC harus dimanfaatkan sebaik mungkin oleh pemerintah kabupaten Jember untuk memaksimalkan sumberdaya yang dimiliki daerah di berbagai sektor. 

"Apalagi, JFC tahun ini spesial karena Presiden RI Joko Widodo turut hadir.  JFC sudah bagus dan diakui oleh dunia internasional.  Sekarang tugas Pemkab untuk memperluas manfaat JFC ini agar dirasakan seluruh rakyat Jember,"  beber Anang di sela-sela pelaksanaan JFC di Jember,  Sabtu (12/8).

Menurut dia,  Pemkab Jember memiliki beban yang cukup besar dengan label Jember sebagai Kota Karnaval.  Agar label tersebut tak hanya sekadar label yang tidak memberi manfaat bagi warga Jember dibutuhkan terobosan mendasar dari Pemkab.  

"Salah satunya,  sektor pariwisata harus digarap dengan serius.  Gelaran JFC dan Jember sebagai kota karnaval akan memancing minat wisatawan datang di Jember. Destinasi pariwisata Jember harus menjadi menu tambahan bagi pengunjung JFC.  Saya melihat dua tahun pemerintahan daerah yang baru ini belum tampak keseriusan untuk menggarap sektor pariwisata," cetus Anang.  

Selain sektor pariwisata,  musisi asal Jember ini juga menyebutkan sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)  dan pertanian juga harus dimaksimalkan untuk menambah manfaat JFC agar dirasakan oleh masyarakat Jember.  

"Produk UMKM di Jember mestinya menjadi souvenir bagi para pengunjung JFC.  Pemkab harus melakukan pembinaan dan membuat aturan yang memudahkan pelaku UMKM,"  cetus Anang.  

Berbagai upaya tersebut,  kata Anang,  akan memberi efek nyata bagi geliatnya perekonomian masyarakat Jember.  Ia mengingatkan,  Pemkab semestinya terpantik dengan sukses JFC yang diinisiasi oleh pihak swasta.

"Produk JFC sudah jadi dan diakui oleh dunia internasional.  Pemkab saat ini hanya butuh kerja nyata agar bisa memanfaatkan JFC ini untuk kepentingan yang lebih luas masyarakat Jember,"  tandas Anang.

TAGS : DPR PAN Jember Anang Hermansyah




TERPOPULER :

TERKINI

Uni Papua FC Gandeng Soxna Soccer Academi Madrid

Selama berlangsungnya turnamen SOXNA akan melakukan t...

Berikut Metode Baru Mencari Atlet Terbaik

Pelatih panjat tebing dari Belgia, Verhouven akan berbagi...

Pasca Pembubaran PRIMA, Berikut Persiapan Pemerintah dan KONI

Peralihan fungsi Satlak Prima ke KONI Pusat yang terpenti...

Pilkada 2018, PPP Pilih Realistis

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tidak mau terlalu ambi...

Komisi III DPR: Biarkan Anjing Menggonggong, Khafilah Berlalu

Munculnya pro-kontra atas pembentukan Densus Tindak Pidan...

Skandal Kendaraan Nissan Kembali Terkuak

Bulan ini, produsen mobil tersebut terpaksa mengumumkan d...