Selasa, 11/12/2018 00:32 WIB

INTERNASIONAL

China Desak ASEAN Tolak Interferensi Luar

Beijing mendesak negara-negara Asia Tenggara bersatu dan mengatakan tidak kepada pasukan luar yang berusaha mengganggu perselisihan Laut Tiongkok Selatan

Menteri Luar Negeri (Menlu) China Wang (Foto: Reuters)

Jakarta - Beijing mendesak negara-negara Asia Tenggara bersatu dan mengatakan tidak kepada pasukan luar yang berusaha mengganggu perselisihan Laut Tiongkok Selatan. Hal itu disampaikan menjelang KTT regional.

Menteri Luar Negeri China, Wang Yi membuat pernyataan tersebut di Manila di mana ia memuji momentum kuat dalam memperbaiki hubungan dengan Filipina, sekutu Amerika yang berjalan lama mendekati China di bawah Presiden Rodrigo Duterte, menurut ABC News dikutip Financial Tribune pada Rabu (26/7)

Kunjungan Wang, seminggu sebelum dijadwalkan kembali ke Manila untuk bertemu dengan para menteri luar negeri dari 10 negara anggota Perhimpunan Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dan mitranya, termasuk China dan Amerika Serikat.

Wang mengatakan bhubungan pemanasan antara Beijing dan Manila membantu memastikan stabilitas di Laut Cina Selatan, di mana klaim saingannya telah lama menjadikannya salah satu titik koma militer potensial di Asia.

TAGS : China ASEAN Laut Tiongkok Filipina




TERPOPULER :