Selasa, 12/11/2019 07:17 WIB

Ini 15 Destinasi Wisata Favorit di Kota Garut

Selain mengunjungi sanak saudara saat moment Lebaran ke Garut, ada beberapa kegiatan yang dapat anda lakukan untuk mengisi liburan. Berikut 15 destinasi wisata di Garut.

Kabupaten Garut, Jawa Barat

Garut - Selain mengunjungi sanak saudara saat moment Lebaran, ada beberapa kegiatan yang dapat anda lakukan untuk mengisi liburan. Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan bersama keluarga yakni menyambangi tempat wisata.

Jika anda sedang mudik atau berlibur di wilayah Jawa Barat, tak ada salahnya menyambangi sejumlah destinasi wisata di Kota Garut. Mulai dari wisata alam seperti pantai, gunung, hingga wisata budaya. Berikut ini beberapa tempat wisata di Garut yang dapat anda kunjungi:

1. Kawah Kamojang

Di tempat wisata yang terletak di Kecamatan Samarang, Garut ini, Anda dapat mencoba mandi up dengan pemandangan alam terbuka. Memasuki area objek wisata Kawah Kamojang, Anda akan melihat beberapa kolam bergolak dan beruap tebal.

Wisata Kamojang yang berada di kaki Gunung Guntur ini memiliki beberapa kawah. Di antaranya Kawah Manuk, Kawah Kereta, Kawah Hujan, dan kawah Cibuliran. Kawah tersebut memiliki keunikan masing-masing.

Misalnya Kawah Manuk lantaran suara uap yang keluar dari beberpa lubang seperti suara burung dan Kawah Kereta karena suara uap gas yang menyembur menyerupai lokomotif. Sementara Kawah Hujan menjadi tempat favorit wisatawan karena bisa menjadi tempat mandi sauna di alam terbuka.

Selain kawah kamojang, di kawasan juga terdapat objek wisata lain, seperti Curug Madi, serta hutan pinus Kamojang. Ada dua rute yang dapat anda tempuh menuju wisata kamojang. Pertama dari Bandung melaui Majalaya. Kedua melaui Kota Garut.

2. Pemandian Air Panas Puncak Darajat dan Cipanas

Di musim liburan, dua tempat wisata pemandian air panas itu cukup menyedot perhatian wisatawan. Lokasinya tidak jauh dari Kota Garut.

Di kawasan Darajat Garut, Anda bisa berendam dan berenang air panas di Puncak Darajat. Puncak Darajat memiliki konsep pemandian air panas yang dibuat seperti taman air. Selain berendam air panas kamu juga bisa melihat sunrise yang indah.

Tak jauh berbeda, di Kawasan Cipanans Garut juga terdapat banyak pemandian air panas dengan fasilitas yang beragam, mulai dari kolam renang biasa hingga kolam yang dilengkapi wahana bermain anak. Jika Anda ingin bermalam, di kawasan pemandian air panas Puncak Darajat dan Cipanas juga terdapat sejumlah penginapan dengan harga dan fasilitas yang berfariasi.

3. Pantai dan Pulau Santolo

Jika Anda ingin wisata pantai, tak ada salahnya menyambangi Pantai dan Pulau Santolo. Saat musim liburan, dua lokasi wisata ini akan selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Pantai Santolo berada di Kecamatan Cikelet Garut. Jarak antara kota Garut dengan pantai ini kurang lebih sekitar 88 km.  

Selalin menikmati pemandangan alam Pantai Santolo, Anda juga dapat menyambangi Pulau Santolo. Pulau ini dipisahkan oleh sungai kecil dimana menjadi muara dan menjadi pelabuhan cilaut eureun. untuk melakukan perjalanan ke pulau yang ada di sepanjang garis pantai Santolo ini, Anda hanya akan dikenakan tarif menyewa perahu untuk menyeberang.

4. Pantai Sayang Heulang

Pantai ini berada tak jauh dari Pantai Santolo. Pantai ini terletak di salah satu sisi pulau Santolo.

Di lokasi ini, Anda dapat menikmati keindahan karang yang membentang dan juga menjorok jauh ke laut. Saat air pantai surut, Anda dapat berjalan di bentangan karang garis pantai Sayang Heulang hingga ke arah sisi laut.

Jernihnya air pantai menambah keindahan pantai ini. Selain itu, Anda bisa menemukan beragam ikan laut berukuran kecil di bebatuan karang.

5. Pantai Rancabuaya

Untuk sampai ke pantai yang terletak di Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut ini, perjalanan yang harus ditempuh dari Kota Garut sekitar 135 km.

Birunya air laut, pasir kasar di sepanjang garis pantai, dan ombak yang tingginya kurang dari satu meter, membuat pantai ini tenar dan sering dijadikan tujuan wisata bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Garut di bagian selatan. Untuk menuju ke lokasi ini anda bisa mengguanakan beberapa rute, yaitu dari Garut – Bungbulang – Rancabuaya dan rute Garut – Pameungpeuk – Rancabuaya.

6. Pantai Puncak Guha

Pantai ini berada tak jauh dari patai Rancabuaya. tepatnya di Desa Sinarjaya, Kecamatan Bangbulang, Kabupaten Garut.

Keheningan dan kedamaian pantai ini menjadi daya tarik tersendiri. Lepas dari hiruk pikuk perkotaan, Anda dapat menikmati keindahan pantai, pemandangan lautan yang luas dan merasakan angin laut yang berhembus di pantai yang pernah menjadi salh satu lokasi pengambilan scene film Perahu Kertas ini.

7. Pantai Karang Paranje

Pantai yang berlokasi di Cibalong, Garut ini mirip dengan tempat wisata Tanah Lot, Bali. Selain Gugusan karang di tepi pantai, dil lokasi ini juga banyak tumbuh tanaman pandan bidur yang biasanya dimanfaatkan warga untuk membuat kerajinan anyaman.

Selain berjemur, berbagai macam olahraga air dapat Anda lakukan di pantai ini. Dengan background pantai yang indah, pantai ini juga cocok bagi Anda yang memiliki  hoby fotografi.

8. Pantai Jeruk Indah

Untuk mencapai pantai yang terletak di Desa Sagara, Kecamatan Cibalong, Garut ini Anda harus menempuh jarak sekitar 108 km dari kota Garut. Meski jarak yang harus ditempuh lumayan jauh, pantai ini bisa dikatakan masih perawan lantaran belum banyak orang yang mengunjungi. Sehingga, tak perlu diragukan lagi kebersihannya dan keasriannya.

9. Situ Bagendit

Di situ ini berada di Kecamatan Banyuresmi, Garut ini, Anda akan disuguhi dengan pemandangan danau yang indah, air danau yang jenrih. Anda dapat menikmati keindahan alam di situ ini dengan menyewa perahu atau rakit bambu.

Sembari menikmati air kelapa dan jajanan pasar di atas rakit, jangan lupa mengabadikan indahnya danau yang penuh lagenda ini dengan camera atau smart phone Anda.

10. Candi Cangkuang

Candi yang berlokasi di Kampung Pulo, Desa Cangkuang, Kecamatan Leles, Garut, Jawa Barat ini berada di tengah danau atau situ. Untuk mencapai candi yang dikelilingi oleh Gunung Haruman, Gunung Kaledong, Gunung Guntur dan Gunung Mandalawangi ini, Anda dapat menumpang rakit bambu. Tiket masuk dan ongkos naik rakit cukup terjangkau.

Candi peninggalan agama hindu abad ke-8 Masehi ini memiliki cerita lagenda tersendiri. Tak jauh dari candi, di lokasi ini juga terdapat makam Eyang Arief Muhammad, leluhur dari Kampung Pulo.

Konon sosok Arief Muhammad merupakan salah satu pengikut Raja Mataram Islam, Sultan Agung yang ditugaskan menumpas kompeni di Batavia, namun mengalami kegagalan. Eyang Arief akhirnya menetap di Garut dan menyebarkan Islam ke penduduk sekitar di daerah Leles.

Di Kampung Pulo juga terdapat enam rumah panggung dan langgar panggung peninggalan Eyang Arief yang masih dihuni oleh para keluarga keturunan Eyang Arief.

Hal unik dan menarik lainnya di lokasi wisata budaya ini mengenai keberadaan kitab-kitab kuno berumur ratusan tahun yang terbuat dari kulit pohon Saeh.

Kitab-kitab tersebut merupakan peninggalan Eyang Arief yang ditulisnya semasa hidup di abad ke 17 masehi dengan menggunakan mangsi atau tinta kuno yang terbuat dari campuran jelaga dan beras ketan. Salah satu kitab kuno itu yakn`i Mushaf Al Quran berukuran 33X24 cm terdiri dari 584 halaman atau 297 lembar.

11. Makam Godog

Tak kalah dengan Candi Cangkuang, makam yang terletak di Lereng Gunung Karacak atau Desa Lebak Agung, Kecamatan Karangpawitan, Kabupaten Garut ini juga menyimpan cerita lagenda. Sebab di makam tersebut Prabu Kian Santang atau yang biasa disebut dengan Syekh Sunan Rohmat disemayamkan.

Kian santang merupakan putra Prabu Siliwangi, raja kerjaan Pajajaran. Dianggap berjasa dalam penyebaran agama Islam di Pulau Jawa, banyak peziarah yang mengunjungi Makam Godog.

12. Gunung Papandayan

Destinasi wisata lain di Garut yang tidak boleh lupa untuk dikunjungi adalah Gunung Papandayan. Gunung api yang masih aktif di Jawa Barat ini terletak di Kecamayan Cisurupan, Kabupaten Garut.

Gunung Papandayan terbilang gunung ramah bagi pendaki pemula. Jalur Cisurupan merupakan salah satu jalur termudah bagi pendaki pemula. Maka tak heran saat liburan, para pendaki ingin menaklukkan gunung ini.

Selain padang edelweiss di Tegal Alun, Anda dapat menikmati pemandangan hutan mati serta empat kawah, yaitu Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak, dan Kawah Manuk di Gunung yang pernah meletus pada tahun 1771 ini.

13. Perkebunan Teh Dayeuh Manggung

Banyak kegiatan yang dapat ANda lakukan bersama keluarga di perkebunan teh yang berada di Desa Sabatan, Kecamatan Cilawu ini. Misalnya, bersepeda, hiking, atau piknik sambil menikmati bekal makanan.

Saat libur lebaran, destinasi ini cocok untuk Anda yang ingin quality time bersama keluarga. Selain itu, mata dan perasaan dijamin jadi teduh dengan pemandangan hijau kebun teh ini.

14. Arung Jeram di Cikandang dan Cimanuk

Wisata air ini berada di Desa Sukamulya, Kecamatan Pakenjeng. Sungai Cikandang dan Cimanuk ini memiliki arus yang lumayan besar serta meleok-leok sangat indah. Saat menarung, Anda akan disuguhi pemandangan alam yang indah nan asri.

15. Danau Talaga Bodas

Dstinasi ini berada di Desa Sukamenak, Kecamatan Wanaraja, Kabutapen Garut. Jika berangkat dari pusat kota Garut, Anda hanya butuh waktu sekitar 1 jam untuk sampai lokasi wisata yang berada diketinggian 1.512 mdpl dan seluas 23,85 hektare ini.

Talaga Bodas merupakan kawah belerang yang membentuk sebuah danau besar dengan air berwarna putih. Secara kasat mata, Talaga ini hampir sama dengan Kawah Putih yang berada di Bandung. Namun Talaga Bodas jauh lebih memikat dibanding Kawah Putih. Selain indah, suasananya sungguh romantis.

Saat libur lebaran dan berkunjung ke sini, Anda jangan sampai melewatkan setiap sudut telaga bodas lantaran setiap sudutnya memiliki pesona yang membetot perhatian. Setelah puas berfoto dan duduk-duduk santai di Talaga Bodas, Anda bisa berjalan ke arah kanan menyusuri jalan berpasir menuju ke  air terjun dan pemandian air panas belerang alami untuk merelaksasikan tubuh. [mes]

TAGS : Tempat Wisata Kawah Kamojang




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :