Sabtu, 27/04/2024 02:16 WIB

Kuasai DPD RI, Partai Bunuh Aspirasi Daerah

DPD RI telah disusupi dan dikuasai partai politik (Parpol). Akibatnya, kepentingan partai membunuh aspirasi daerah.

Gedung DPD

Jakarta - DPD RI telah disusupi dan dikuasai partai politik (Parpol). Sejumlah anggota DPD menjadi anggota dan pengurus teras partai. Akibatnya, kepentingan partai membunuh aspirasi daerah.

Demikian disampaikan Peneliti Forum Pemantau Parlemen Indonesia (Formappi) Lucius Karus, dalam sebuah diskusi, Jakarta, Sabtu (8/4).

Menurutnya, pengaruh sebuah Parpol tampak dalam rapat paripurna DPD yang memperlihatkan bahwa para senator itu sedang berebut kekuasaan.

"DPD sudah dikuasai partai politik. Kepentingan partai politik tersebut serentak membunuh aspirasi daerah yang diwakili oleh masing-masing anggota," kata Lucius.

Kata Lucius, adegan kerusuhan itu muncul dari adanya interest politik yang memaksakan segala cara apa yang jadi agenda politik bisa terlaksana. Padahal, marwah DPD sebagai representasi daerah untuk memperjuangkan pembangunan.

"Yang membuat semua tidak jelas, kepentingannya tidak sesuai dengan aturan itu. Mereka mengutak atik dan menafsirkan ini dan itu, dikaburkan dengan kepentinga politik," tegasnya.

Diketahui, Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) dipilih sebagai Ketua DPD RI. Selain itu, OSO juga menjabat sebagai Wakil Ketua MPR.

KEYWORD :

Paripurna DPD RI Ricuh Pimpinan DPD




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :