Jum'at, 19/04/2024 20:06 WIB

Pilihan Warna yang Cocok untuk Ruangan Anda

Bicara soal warna tentunya setiap individu punya pilihan favorit, begitu juga dengan memilih warna untuk rumah. Lantas warna-warna apa saja yang sesuai dengan kondisi ruangan di rumah?

Cat dekorasi ruangan

Jakarta- Bicara soal warna tentunya setiap individu punya pilihan favorit. Warna kerap merepresentasikan kepribadian seseorang, bahkan memiliki nilai psikologisnya masing-maisng. Beberapa warna tertentu terkadang dapat mempengaruhi mood Anda, seperti bisa membuat Anda menjadi tenang ataupun malah menyulut emosi.

Begitu juga dengan pilihan warna untuk rumah. Guna menciptakan harmoni, sebaiknya pilihlah warna cat dengan bijaksana, agar Anda dan keluarga nyaman betah berlama-lama di dalam rumah.

Warna merepresentasikan tiga hal, yaitu aktif, pasif, dan netral. Di sini Anda dapat memilih warna ruangan sesuai dengan selera atau untuk tujuan tertentu supaya ruangan terlihat lebih luas. Lantas warna-warna apa saja yang sesuai dengan kondisi ruangan di rumah? Berikut pilihan warna seperti dilansir Freshome:

Merah
Warna merah meningkatkan energi ruangan Anda. Merah telah terbukti meningkatkan tekanan darah dan kecepatan respirasi serta detak jantung. warna ini dapat memompa adrenalin seseorang. Warna merah adalah pilihan yang baik ketika Anda ingin membangkitkan gairah. Cocoknya di gunakan di ruang tamu atau ruang makan, karena menarik orang untuk berkumpul dan merangsang percakapan.

Kuning
Kuning sebagaimana cahaya matahari, menggambarkan sukacita dan kebahagiaan. Warna ini merupakan pilihan yang sangat baik untuk dapur, ruang makan dan kamar mandi, karena dapat memberikan energi dan semangat. Akan bagus juga jika digunakan di aula dekat pintu masuk karena memberikan kesan menyambut.

Biru
Biru dapat menurunkan tekanan darah dan menenangkan pernapasan dan detak jantung. Karena itulah warna itu dianggap menenangkan, santai dan kalem, dan seringnya direkomendasikan untuk kamar tidur dan kamar mandi.

Hijau
Hijau dianggap sebagai warna yang cocok untuk mengistirahatkan mata. Hampir setiap ruangan di rumah cocok menggunakan warna ini. Jika diaplikasikan di dapur, dia memiliki efek mendinginkan; di ruang keluarga atau ruang tamu, dapat mempromosikan kenyamanan dan kebersamaan. warna alam ini juga dipercaya dapat membantu kesuburan, jadi akan sangat baik digunakan di kamar tidur anda.

Ungu
Warna ungu tua memberi kesan kaya, dramatis dan canggih. karena menrepresentasikan kemewahan dan kreativitas. Sedangkan ungu muda seperti warna lavender memberikan ketenangan, bagi anda yang ingin merasakan ketenangan di ruangan anda gunakan warna ini.

Oranye
Warna oranye merepresentasikan keceriaan, antusiasme dan merupakan warna yang energik. Namun tidak baik diaplikasikan untuk ruang tamu atau kamar tidur, cocoknya digunakan untuk ruang olahraga karena dapat membantu anda melepaskan emosi anda saat berolahraga. Dalam budaya kuno warna ini dipercaya dapat membantu menyembuhkan paru-paru.

Netral
Warna-warna netral seperti abu-abu, hitam dan putih merupakan warna dasar untuk dekorasi rumah anda terutama rumah yang bergaya minimalis. Karena warna netral terkesan fleksibel. Beberapa ahli bahkan menyarankan agar setiap ruangan diberikan sentuhan warna hitam sebagai aksen ruangan. Namun sebaiknya gunakan tambahan warna lain untuk lebih menghidupkan suasana dirumah.

KEYWORD :

Warna Rumah Cat Ruangan Dekorasi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :