Rabu, 16/08/2017 19:59 WIB

Tujuh Khasiat Sambal yang Patut Anda Ketahui

Tidak semua orang suka makanan pedas. Ya, makanan yang terlalu pedas memang dapat menyebabkan sakit perut, lidah panas, sakit lambung, hingga maag akut.

Sambal Belacan (foto: Backpackershop)

Tidak semua orang suka makanan pedas. Ya, makanan yang terlalu pedas memang dapat menyebabkan sakit perut, lidah panas, sakit lambung, hingga maag akut. Namun tahukah Anda, dibalik rasanya, makanan pedas khususnya sambal, mengandung beberapa manfaat yang berguna bagi kesehatan Anda.  Apa saja?

Kaya Vitamin C

Saus pedas terutama yang terbuat dari paprika dan rempah-rempah mengandung vitamin C yang tinggi. Dalam satu ons paprika, terkandung 40 mg Vitamin C yang dapat memenuhi 66 persen kebutuhan Vitamin C untuk tubuh Anda setiap harinya. Vitamin C sangat penting untuk kesehatan kulit, gigi, dan tulang.

Membakar kalori

Tidak usah menerapkan diet ketat yang membuat Anda tidak nyaman. Dengan mengonsumsi sambal, Anda dapat membakar kalori dalam tubuh. Ini disebabkan oleh senyawa capsin yang terkandung di dalam cabe.

Mengandung Antioksidan tinggi

Sambal mengandung banyak Vitamin A, Falvonoid dan Antioksidan. Antioksidan ini berfungsi agar Anda terlihat awet muda. Selain itu, Antioksidan juga berguna untuk mengurangi dan mencegah peradangan, hingga menurunkan tekanan darah.

Membersihkan sinus

Rasa pedas dapat membantu membersihkan sinus dan membantu melancarkan sinus yang tersumbat.

Meredakan nyeri sendi dan radang

Dikutip dari Active Beat, Capsin dalam sambal dapat mengurangi nyeri pada sendi dan radang dalam tubuh Anda.

Melawan kanker

Penelitian dari Study of National Institue menemukan bahwa Capsin dapat membunuh sel-sel kanker yang menjangkiti manusia. Melalui proses yang disebut apoptosis, sel-sel kanker secara bertahap akan mati.

Meningkatkan nafsu makan

Saat Anda makan makanan yang pedas, maka tubuh mulai memproduki zat endorphin (sejenis senyawa yang dapat meningkatkan rasa bahagia/senang). Endorphin ini yang berguna untuk meningkatkan nafsu makan Anda.

TAGS : Sambal Gaya Hidup Tips Kesehatan




TERPOPULER :

TERKINI

Garap Video Terbaru BTS Big Hit Gandeng JYP dan SM Entertainment

BTS baru saja merilis teaser video mereka namun sudah ban...

Video Klip Ini Bikin Andien Teteskan Air Mata

Penyanyi Andien Aisyah sempat meneteskan air mata saat pe...

Doakan Jokowi Gemuk, Tifatul: Saya Amati Makin Kurus

Jokowi didoakan semakin gemuk sebab ia dinilai semak...

Agar Peserta Pelatihan BLK Dijamin Kerja, Ini caranya

Salah satu upaya menekan angka pengangguran, Kementerian ...