https://www.jurnas.com/images/img/conf-Jurnas_11.jpg
Beranda News Ekonomi Ototekno Gaya Hidup Hiburan Olahraga Humanika Warta MPR Kabar Desa Terkini

Menko Airlangga Harap Penelitian Ibas Segera Direalisasikan

Samrut Lellolsima | Kamis, 10/06/2021 21:50 WIB

Lulusnya Edhie Baskoro Yudhoyono dari Program Doktor Manajemen Bisnis IPB disambut baik oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia Airlangga Hartarto.  Ketua Fraksi Demokrat DPR RI, Edhie Baskoro Yudhoyono. (Foto: Dok Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Lulusnya Edhie Baskoro Yudhoyono dari Program Doktor Manajemen Bisnis IPB disambut baik oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia Airlangga Hartarto. 

Menurut dia, pandemi Covid-19 memberikan dampak yang sangat besar dalam sektor ekonomi. Meski pemulihan ekonomi saat ini berjalan bertahap, pemerintah optimis bahwa perekonomian Indonesia bisa kembali pulih pada kuartal selanjutnya. 

Di sektor pariwisata, tanda-tanda kepulihan sudah terlihat sangat baik. Airlangga juga menyampaikan bahwa perkembangan penumpang pesawat di bulan April lalu sudah mulai pulih.

Baca juga :
Shell Mundur, DPR Minta Pemerintah Tegas Soal Pengelolaan Blok Masela

Pertumbuhan ada pada penumpang domestik yang mencapai 2,8 juta orang. Sementara itu, untuk penerbangan internasional sendiri jumlahnya masih stagnan.

Disertasi Ibas, nama sapaan EBY, yang membahas strategi pembiayaan dan investasi untuk pengembangan terpadu yang berkelanjutan dan inklusif di Labuan Bajo dinilai Airlangga sebagai suatu pembahasan yang sangat menarik. 

Baca juga :
DPR Diminta Selektif Soal Kekayaan Calon Anggota BPK: Slamet Edy dan Dumoly Jadi Sorotan

Pasarnya, Labuan Bajo sendiri merupakan salah satu daerah yang ditetapkan sebagai daerah wisata potensial. 

“Labuan Bajo akan diarahkan ke pengembangan wisata bahari dan ecotourism. Ecotourism yang mendukung pariwisata berkelanjutan tentu bermanfaat dalam beberapa aspek, seperti seperti mendukung pelestarian lingkungan, meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengayaan yang konservatif, hingga memberikan manfaat ekonomi untuk masyarakat lokal,” kata Airlangga. 

Baca juga :
DPR Ingatkan MK Soal Putusan Sistem Pemilu: Jaga Suasana Kondusif

Dia juga menerangkan bahwa untuk meningkatkan sektor pariwisata, pemerintah telah melakukan berbagai upaya. Dana yang dianggarkan untuk sektor ini jumlahnya mencapai 699,42 triliun. Selain anggaran, pemerintah juga berupaya memberikan pelatihan, kemudahaan akses KUR bagi UMKM, juga mendorong program vaksinasi di daerah pariwisata. 

Terkait UMKM, ia berharap agar akan semakin banyak usaha yang tercipta dan dapat berkontribusi dalam perekonomian nasional. 

Sebelum mengakhiri ucapan selamatnya atas pencapaian Ibas, Airlangga menyampaikan harapan agar hasil penelitian Ibas dapat segera direalisasikan. “Semoga teori dan mekanisme baru ini dapat diamalkan dan pengalaman akademiknya (Ibas) dapat digunakan untuk kemajuan pariwisata di Indonesia,” tutup Airlangga.

(Samrut Lellolsima )
KEYWORD :

Warta DPR Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono IPB Menko Perekonomian Airlangga Hartanto