https://www.jurnas.com/images/img/conf-Jurnas_11.jpg
Beranda News Ekonomi Ototekno Hiburan Gaya Hidup Olahraga Humanika Warta MPR Kabar Desa Terkini

Panjang Umur dengan Minum Enam Cangkir Kopi Sehari

Eka Wahyu Pramita | Minggu, 08/07/2018 07:56 WIB



Kafein mungkin bukan alasan utama di balik manfaat panjang umur karena itu juga dialami oleh peminum kopi tanpa kafein. Ilustrasi kopi

Inggris - Sebuah penelitian selama satu dekade telah memberikan hasil yang mengejutkan, yang menghubungkan minum kopi berat dengan risiko kematian yang lebih rendah.

Seerti yang dilansir dari laman Medical Daily, dorongan umur panjang ditemukan bahkan di antara mereka yang mengonsumsi enam cangkir sehari dan mereka yang minum kopi tanpa kafein.

Penelitian berjudul "Asosiasi Minum Kopi dengan Kematian dengan Variasi Genetik dalam Kafein Metabolisme" diterbitkan dalam Jurnal JAMA Internal Medicine.

Baca juga :
AMI Laporkan Dugaan Korupsi Pengadaan Ambulans di Dinkes Bekasi ke KPK
Data pada hampir setengah juta orang dewasa Inggris (berusia 38 hingga 73) dipelajari selama periode 10 tahun. Selama waktu itu, 14.225 peserta meninggal karena berbagai penyebab termasuk kanker dan penyakit jantung.

Dibandingkan dengan orang yang tidak minum alkohol, mereka yang minum enam hingga tujuh cangkir kopi sehari memiliki risiko kematian 16 persen lebih rendah. Angka ini sedikit turun menjadi 14 persen bagi mereka yang memiliki delapan atau lebih cangkir setiap hari.

Baca juga :
Momen Prabowo Promosikan Kopi Buatan Indonesia di DPR
"Kami menemukan bahwa orang yang minum dua hingga tiga cangkir per hari memiliki sekitar 12 persen lebih rendah risiko kematian dibandingkan dengan peminum non-kopi," kata penulis studi Erikka Loftfield, seorang peneliti di National Cancer Institute.

Jenis dan jumlah kopi yang dikonsumsi tampaknya tidak membuat perbedaan - apakah itu berkafein atau tanpa kafein, apakah itu instan atau diseduh, apakah itu dua cangkir atau delapan - mereka semua terkait dengan kemungkinan kematian yang lebih rendah.

Baca juga :
Ini Lima Manfaat Melakukan Meditasi di Pagi Hari
"Para peserta yang minum empat cangkir atau lebih per hari, dibandingkan dengan mereka yang minum lebih sedikit kopi dan tidak minum kopi, lebih mungkin minum kopi instan dan menjadi perokok saat ini," tulis para penulis. Mereka yang minum satu sampai tiga cangkir per hari lebih tua, lebih mungkin memiliki gelar universitas, dan lebih mungkin melaporkan kesehatan "sangat baik".

Sebelumnya, penelitian telah menunjukkan bahwa zat kopi dapat meningkatkan kesehatan dengan mengurangi peradangan, meningkatkan fungsi jantung, dan mengurangi kemungkinan terkena diabetes.

Ikuti Update jurnas.com di

Google News: http://bit.ly/4omUVRy
Terbaru: https://jurnas.com/redir.php?p=latest
Langganan : https://www.facebook.com/jurnasnews/subscribe/
Youtube: https://www.youtube.com/@jurnastv1825?sub_confirmation=1

KEYWORD :

Kopi Panjang Umur Kesehatan

Terkini | Sabtu, 13/06/2026 03:17 WIB

https://journals.daffodilvarsity.edu.bd/?login=

toto macau

dota777 pulsa777 daftar pulsa777