https://www.jurnas.com/images/img/conf-Jurnas_11.jpg
Beranda News Ekonomi Ototekno Gaya Hidup Hiburan Olahraga Humanika Warta MPR Kabar Desa Terkini

Tayang di Tiongkok, Pendapatan Godzilla x Kong: The New Empire Melejit Jadi Rp7 Triliun!

Syafira | Kamis, 18/04/2024 16:05 WIB

Tayang di Tiongkok, Pendapatan Godzilla x Kong: The New Empire Melejit Jadi Rp7 Triliun! Tayang di Tiongkok, Pendapatan Godzilla x Kong: The New Empire Melejit Jadi Rp7 Triliun! (FOTO: WARNER BROS.)

JAKARTA - Hanya dalam minggu ketiga peluncurannya secara global, Godzilla x Kong: The New Empire dari Warner Bros. berhasil melewati tonggak sejarah box office yang besar berkat kinerja yang berkelanjutan di Tiongkok.

Godzilla x Kong menambahkan sekitar $15 juta di dalam negeri pada akhir pekan ketiganya dan $33 juta lainnya dari lebih dari 70 pasar internasional.

Hal ini membuat total pendapatan film tersebut di dalam negeri mencapai hampir $160 juta, sementara pendapatan di luar negeri kini hanya di bawah $280 juta.

Baca juga :
Berperan sebagai `Dewa Kenakalan` Loki, Tom Hiddleston Terinspirasi Alan Rickman

Secara global, film tersebut kini telah meraup $436 juta atau sekitar Rp7 triliun (kurs 1 dollar AS= Rp16.175).

Dari tangkapan di seluruh dunia ini, lebih dari $100 juta berasal dari Tiongkok, menjadikan Godzilla x Kong sebagai film berbahasa Inggris pertama yang melewati tonggak sejarah ini di Kerajaan Tengah sejak Meg 2: The Trench tahun lalu.

Baca juga :
Bintangi It Ends with Us, Usia Blake Lively Diprotes Pembaca Buku Aslinya

Film Jason Statham tersebut memiliki keuntungan tambahan karena merupakan produksi bersama Tiongkok.

Dalam beberapa tahun terakhir, terutama setelah pandemi ini, Tiongkok mulai membatasi perilisan film-film asing, yang menjadikan pasar tersebut kurang menguntungkan bagi Hollywood dibandingkan satu dekade yang lalu.

Baca juga :
Bintangi Abigail, Karier Melissa Barrera Melesat Setelah Dipecat Scream Gara-gara Pro-Palestina

WB dan Legendary memperhitungkan penurunan ini dan dilaporkan membatasi anggaran Godzilla x Kong: The New Empire menjadi $135 juta yang relatif hemat.

Sebagai perbandingan, Godzilla vs. Kong dilaporkan menghabiskan biaya produksi antara $150 dan $200 juta dan meraup hampir $190 juta di Tiongkok pada tahun 2021.

Ini adalah blockbuster pertama di era pandemi, menghasilkan $470 juta di seluruh dunia meskipun dirilis setiap hari pada layanan streaming yang sebelumnya dikenal sebagai HBO Max.

Selain Tiongkok, Godzilla x Kong: The New Empire sangat sukses di Meksiko, Inggris, Australia, dan India.

Godzilla x Kong: The New Empire dan Godzilla vs. Kong keduanya disutradarai oleh Adam Wingard, yang memulai kariernya di film horor beranggaran rendah sebelum beralih ke film tent-pole yang digerakkan efek visual.

`Godzilla x Kong: The New Empire` Siap Menyalip `Godzilla vs. Kong`

Angsuran kelima dalam franchise MonsterVerse, Godzilla x Kong: The New Empire kini menjadi entri seri terbesar kedua di pasar domestik dan terbesar keempat secara global.

Waralaba ini dimulai satu dekade lalu, dengan Godzilla karya Gareth Edwards, yang meraup $530 juta di seluruh dunia dan lebih dari $200 juta di dalam negeri.

Kong: Skull Island karya Jordan Vogt-Roberts menyusul pada tahun 2017, menghasilkan $560 juta secara global. Ini tetap menjadi film seri terbesar.

MonsterVerse menyaksikan sedikit kemunduran dengan Godzilla: King of the Monsters tahun 2019, tetapi bangkit kembali dengan Godzilla vs. Kong.

Kemungkinan besar, Godzilla x Kong: The New Empire akan menyalip Godzilla pertama yang menjadi film seri terbesar di dalam negeri; film ini mungkin juga akan melewati pendapatan seumur hidup Godzilla vs. Kong senilai $470 juta untuk menjadi film franchise terbesar ketiga di dunia global.

Namun, ulasannya biasa-biasa saja. Film ini mendapat skor terendah waralaba, yaitu 54% di situs agregator Rotten Tomatoes.

Dibintangi Dan Stevens, Rebecca Hall, Bryan Tyree Henry, dan lainnya, film ini diputar di bioskop. (*)

(Syafira)
KEYWORD :

Seputar Film Godzilla x Kong: The New Empire